Ketik disini

Dialog Jum'at

Semangat Berkurban

Bagikan

Assalamua��alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt atas semua karuniaNya, terutama sekali kita syukuri nikmat Iman dan Islam. selawat salam kepada baginda Nabi Muhammad saw-juga kepada keluarga, sahabat-sahabat beliau dan pengikut-pengikut beliau sampai hari kiamat.

Pembaca Rahimakumullah

Semangat kurban masyarakat di daerah perkotaan jauh lebih tinggi dari pada masyarakat pedesaan. Namun, bila dibandingkan dengan semangat mereka menyambut kedatangan bulan maulid, semangat masyarakat pedesaan lebih tinggi, dimana dari jauh hari masyarakat pedesaan telah mempersiapkan hati, amalan, bahkan dana, termasuk kambing yang akan mereka sembelih telah disiapkan sedemikian rupa dengan persiapan yang cukup matang.

Kondisi seperti ini tentu harus menjadi pemikiran kita semua. Terutama para ulama dan umara, agar ke depannya semangat kurban dapat meningkat, menyamai, bahkan melebihi semangat umat menyambut maulid Nabi Muhammad saw.

Untuk tujuan tersebut, sosialisasi dan contoh-contoh kongkret harus diperbanyak lewat bermacam-macam media, seperti majelis taklim, khutbah-khutbah Jumat atau lainnya.

Dengan semakin semaraknya semangat kurban setiap tahunnya, maka usaha dan pengembangan peternakan kambing, sapi, kerbau bertambah besar dan meluas ke seluruh masyarakat. Sehingga dengan demikian akan menambah lapangan pekerjaan dan lapangan usaha. Bertambahnya lapangan usaha akan mengurangi pengangguran, karena pengangguran adalah sumber petaka bagi bangsa dan negara.

Pembaca Rahimakumullah

Bila kita renungkan dengan tenang dan obyektif, semua yang disyariatkan oleh islam untuk dilaksanakan atau dihilangkan, semuanya pasti mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan individu, keluarga bahkan masyarakat banyak.

Karenanya, kepada semua pihak, baik pemerintah, tokoh masyarakat, pengusaha dan unsur-unsur lainnya seayun dan selangkah dengan bahasa yang sama menyuarakan pentingnya kurban untuk dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai kemampuan, bahkan bagi mereka yang merasa belum mampu agar ada upaya-upayanya yang nyata untuk dapat melaksanakan kurban.

Pembaca Rahimakumullah

Meluasnya semangat kurban dengan segala efek positifnya secara ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat seharusnya dapat memberikan inspirasi yang tidak henti-hentinya kepada pemegang kebijakan untuk memberikan perlindungan kepada penerapan ajaran islam lebih-lebih di daerah-daerah yang mayoritas umat islam. Bahkan kita berharap di daerah-daerah minoritas islam, bukan hanya untuk kepentingan umat islam semata, tetapi ia menjadi rahmat untuk seluruh alam termasuk binatang, pohon, gunung, pantai dan lain-lain.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa islam adalah agama penyelematan umat islam itu sendiri, penyelematan kemanusiaan dan seluruh alam raya tanpa kecuali. Berkaitan erat dengan ini, sedikitpun kebebasan orang untuk memeluk dan mengamalkan agamanya sesuai dengan keyakinan se-utuh-utuhnya, karena islam sangat menghormati asas Laa dhorar wa Laa dhirar. Tidak memudaratkan orang lain dan tidak dimudaratkan orang.

Ibarat orang berjalan, masing-masing berjalan di atas relnya sendiri. Secepat apapun kereta api itu, apabila berjalan di atas relnya ia akan selamat, orang lain pun selamat dan akan sampai ketujuan dengan mudah.

Untuk itulah kita mengajak semua pihak untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik tanpa banyak menyalahkan orang lain, tetapi terus mawas diri dan memperbaiki dirinya menuju arah yang lebih baik dan lebih sempurna. Amin ya Rabbal alamin. (r8)

Komentar

Komentar