Ketik disini

Selong

ASDP Kayangan Tambah Lima Kapal

Bagikan

MATARAM – Untuk mendukung lalu lintas penyeberangan Lombok-Sumbawa, PT ASDP Kayangan dalam waktu dekat akan menambah armada kapalnya. Rencananya, lima kapal akan ditambahkan untuk beroperasi  mengangkut penumpang yang ingin menyeberang dari Pulau Lombok ke Sumbawa atau sebaliknya. Tambahan lima kapal ini akan membuat jumlah kapal yang beroperasi di ASDP Kayangan menjadi 21 unit, dari yang sebelumnya hanya 19 unit.

“Iya memang ada penambahan ke depan menjadi 24. Penambahan ini dilakukan empat perusahaan kapal penyeberangan yang sudah mendapatkan izin dari Provinsi,” kata Manajer Usaha ASDP Kayangan, Rudy.

Penambahan ini tidak terlepas juga dari meningkatnya jumlah penumpang dari tahun ke tahun. Per September ini, dijelaskan Rudi jumlah penumpang meningkat 5 persen. Jumlah tersebut diharapkan bisa mencapai 10 persen di akhir tahun.

“Saat ini ada 42 trip atau penyeberangan di Pelabuhan Kayangan ini. Dengan kondisi 50-60 persen kapal terisi. Namun di jam-jam tertentu seperti tengah malam itu bisa 10-20 persen yang terisi kuota penumpangnya,” jelasnya.

Dalam kondisi normal saat ini jumlah penumpang per hari selama 24 jam dijelaskan sekitar 70 orang pejalan kaki atau tidak membawa kendaraan. 450 penumpang yang juga menyertakan sepeda motor. 200 penumpang menggunakan mobil minibus dan 150 kendaraan truk. Kondisi paling ramai diungkapkan Rudi terjadi pada liburan panjang seperti libur sekolah, mudik lebaran, natal dan tahun baru hingga libur hari kejepit.

“Misalnya hari Jumat tanggal merah, Jadinya Sabtu pasti libur. Nah, hari Kamis itu jumlah penumpang akan mengalami peningkatan,” bebernya. Sementara itu, sejauh ini kondisi penyeberangan di Pelabuhan Kayangan dikatakan Manajer SDM dan Umum ASDP Kayangan, Jonggi Tambunan cukup kondusif. “Alhamdulillah penyeberangan cukup lancar. Kalaupun ada kendala itu hanya berupa perawatan dan perbaikan dermaga saja,” ujarnya. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka