Ketik disini

Giri Menang

Waspada Cuaca Ekstrem

Bagikan

GIRI MENANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kediri, Lobar mengimbau masyarakat waspada. Kendati curah hujan di sejumlah daerah masih sedang.

Berdasarkan data prakiraan cuaca yang diterima BMKG Kediri, beberapa wilayah di Lombok sudah terjadi hujan dengan intensitas sedang, disertai angin kencang dan petir. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung beberapa ke depan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kediri Lobar Luhur menjelaskan, kondisi ini disebabkan karena banyaknya pusat tekanan rendah yang mencapai belasan di bulan September hingga Oktober.

Akibatnya, pola gerakan angin berubah, sehingga memicu timbulnya awal-awan pembuat hujan. a�?Ini juga yang menyebabkan hujan maju lebih awal (awal Oktober),a�? jelasnya.

Kendati intensitas hujan belum tinggi, masyarakat tetap diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, kilat atau petir.

BMKG Kediri Lobar sendiri sebelumnya memprediksi curah hujan akan terjadi bulan November. Namun berdasakan hasil analisa data, kondisi fisik dan dinamika atmosfir yang diterima dari BMKG Selaparang LIA, curah hujan terjadi awal Oktober. (zen/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka