Ketik disini

Giri Menang

Samsat Drive Thru Gunungsari Beroperasi

Bagikan

GIRI MENANG – Upaya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi NTB, mempermudah layanan pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat kembali dibuktikan. Dispenda NTB meresmikan pelayanan Samsat Drive Thru di Gunungsari, Sabtu (8/10).

Kepala Dispenda NTB Ir Iswandi mengatakan, Drive Thru di Gunungsari ini merupakan yang ke 14 di NTB, dan yang ketiga di Kabupaten Lobar. Penambahan Samsat Drive Thru akan terus dilakukan sesuai kebutuhan.

”Target pendapatan daerah setiap tahun terus meningkat. Kita terus mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak (WP) dengan memberi kenyamanan dan kemudahan,” jelasnya.

Beroperasinya Samsat Drive Thru Gunungsari ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam bayar pajak kendaraan. Nantinya, setiap WP akan dilayani dengan cukup membawa KTP asli, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli.

”Masyarakat sekitar Gunungsari sekarang tidak perlu bayar pajak ke Gerung,” kata Iswandi.

Kabupaten Lobar merupakan salah satu kabupaten penyumbang pajak kendaraan tertinggi di NTB. Untuk tahun 2016, Lobar ditargetkan meraup Rp 29, 6 miliar. Tercatat, hingga September 2016 realisasinya baru mencapai 21,7 miliar atau sekitar 73,5 persen.

Samsat yang berlokasi di Gerung telah melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor sebanyak 9.266 unit selama bulan Agustus 2016. Dengan penerimaan PKB mencapai Rp 2 Miliar lebih.

Karena itu, kehadiran Drive Thru di Kecamatan Gunungsari ini diharapkan mampu mempercepat pemenuhan target dalam sisa waktu tiga bulan ke depan.

”Semoga target tahun ini bisa terealisasi,” harapnya.

Dalam hal pajak, Dispenda NTB memang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain dengan membuka Drive Thru di beberapa titik strategis,  peningkatan pelayanan juga jadi prioritas.

Karena itu, selain mengembangkan dan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal, mereka juga meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja dari kepolisian dan Jasa Raharja. Pelayanan prima dan zero keluhan menjadi tujuan utama.

”Kami akan bekerja lebih keras lagi, terus mencari terobosan,” tandas Iswandi.

Sejak 2009 lalu, Dispenda NTB juga telah merintis penerapan pembayaran samsat online. Online hanya untuk wilayah pajak Provinsi NTB. Plat nomor DR dan EA dapat dibayar di semua kantor samsat, samsat mobil,  dan samsat drive thru se NTB. (zen/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka