Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

BPJSTK dan IWAPI Jalin Kerja Sama

Bagikan

MATARAM – BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menjalin kerja sama tahap awal dengan Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI). BPJSTK menargetkan minimal 15 ribu peserta Rakernas IWAPI menjadi anggota.

“Jumlah seluruh anggota IWAPI sekitar 30 ribu peserta. Kita targetkan minimal setengahnya,” kata E Ilyas Lubis, Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hal BPJS Ketenagakerjaan, usai diskusi panel dalam Rakernas IWAPI, kemarin(10/10).

Ia  menuturkan, saat ini ia tengah dalam proses pengumpulan data dengan IWAPI. Berdasarkan hasil yang dikumpulkan saat ini, jumlah peserta yang menjadi BPJSTK sangat minim. Belum mencapai setengah dari target dari keseluruhan.

Sebagai tindak lanjut kerja sama tersebut, BPJSTK juga melakukan sosialisasi. Selain itu, ia juga menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan pada beberapa anggota IWAPI.

“Nota kesepahaman yang telah kami jalin akan terus kami pantau,” ujarnya

Setiap perkembangan kerja sama tersebut, BPJSTK akan rutin melakukan pantauan. Dengan begitu, kepesertaan anggota IWAPI dapat berjalan dengan baik. Perlindungan yag akan diberikan BPJSTK pun dapat lebih optimal.

“Kami tidak ingin hanya sekedar perjanjian di atas kertas saja,” pungkasnya.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani 15 September lalu,IWAPI akan memastikan implementasi penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terlaksana. Hal ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran hukum perusahaan di Indonesia mengenai BPJSTK.

“Kita dorong perusahaan untuk segera mendaftarkan pegawainya sesuai regulasi yang berlaku,” lanjutnya.

Ia berharap kerja sama yang terjalin didukung semua pihak. Terutama pihak perusahaan. Dengan begitu seluruh pegawai mendpatkan perlindungan kerja.

“Selain itu risiko kerja yang ditimbulkan juga dapat dialihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Hal ini membuat  perusahaan dapat lebih fokus dengan operasional dan pelayanan mereka. Sebab resiko kerja telah menjadi tanggung jawab BPJSTK. (fer/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka