Ketik disini

Sumbawa

Kegiatan Harlah Mulai Digelar

Bagikan

TALIWANG – Rangkaian  kegiatan menyambut hari lahir (Harlah) Kabupaten Sumbawa Barat   ke-13 dalam beberapa hari terakhir mulai digelar. Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat  berharap momentum harlah  ke-13 yang akan berlangsung 20 November mendatang, tidak hanya dilaksanakan di tingkat kabupaten. Melainkan, melibatkan instansi pemerintah yang ada di KSB dan semua komponen masyarakat hingga tingkat desa.

Asisten II Setda Sumbawa Barat Burhanuddin didampingi Kabag Humas Firmasyah menjelaskan,  sejumlah agenda  dan kegiatan menyemarakkan harla  KSB  telah disiapkan panitia kabupaten.  Diawali gotong royong membersihkan sampah sepanjang bantaran sungai Kota Taliwang. Kegiatan sosial ini, melibatkan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polres Sumbawa Barat dan instansi Pemda KSB.

Melalui momentum ini dia berharap instansi vertikal maupun swasta mengambil bagian mendukung dan ikut menyukseskan kegiatan harlah dengan menyelengarakan sejumlah kegiatan sosial. Terutama kegiatan atau perlombaan tradisional KSB.

‘’Saya rasa banyak kegiatan atau perlombaan tradisional yang dalam beberapa momentum hari besar nasional tidak lagi dilaksanakan di tengah masyarakat,’’ katanya.

Pejabat yang baru dilantik ini mengajak semua pihak membangkitkan kembali perlombaan tradisional yang hampir dilupakan masyarakat. Untuk lebih meriahnya penyambutan harlah KSB, pemerintah akan melibatkan agen PDPGR yang tersebar di semua desa menjadi panitia  harlah. ‘’Nanti apa bentuk kegiatan atau lomba yang dilaksanakan, panitia dari tim TPTGR di masing-masing peliuk yang menentukan,’’ jelasnya.

Sebagian besar lomba yang dilaksakana bersifat tradisional dan merakyat. Sehingga selama kegiatan berlangsung, masyarakat ikut menyemarakkan menyambut harlah KSB yang ke-13 ini.

Selain itu sejumlah kegiatan bertaraf nasional telah ditetapkan, seperti peringatan hari pangan se-dunia tingkat Provinsi NTB,dalam waktu dekat ini akan digelar di KSB. ‘’KSB ditetapkan sebagai tuan rumah peringatan hari pangan se-dunia oleh pemerintah Provinsi NTB,’’ jelasnya.

Sejumlah kegiatan lainnya  yang melibatkan daerah lain telah disiapkan panitia, seperti Festival Taliwang yang diselanggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. ‘’Meski kita tidak didukung anggaran oleh Pemerintah Provinsi NTB, seperti yang dijanjikan beberapa waktu lalu, kita tetap melaksanakan kegiatan tersebut,’’ tandasnya.(is/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka