Ketik disini

Headline Politika

Anggaran Pilkada Dibahas Tahun Depan

Bagikan

MATARAM – Sampai kemarin, anggaran untuk Pilkada serentak 2018 belum fix. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD NTB H Abdul Karim mengatakan, usulan anggaran pilkada NTB yang mencapai Rp 243 miliar akan dibahas tahun depan. Pasalnya, saat itulah waktu yang tepat untuk membahas anggaran Pilkada yang akan dilaksanakan awal atau pertengahan tahun 2018.

“Kalau bahas sekarang kan masih lama, nanti awal tahun 2017 kita bahas,” kata Karim, kemarin (11/10).

Diakui, anggaran Pilkada 2018 yang diusulkan terbilang fantastis bagi NTB. Di mana usulan anggaran Pilkada serentak dilakukan di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Kota Bima, dan Pilkada Gubernur. Namun demikian, pemerintah daerah meminta untuk dirasionalisasikan kembali oleh KPU, Bawaslu, dan kepolisian terhadap usulan anggaran tersebut. “Sebagian besar peningkatan terjadi karena biaya honorer untuk pengawas meningkat,” jelasnya.

Melihat anggaran pilkada yang menyentuh setengah triliun, Karim, merencanakan menggunakan model pembiayaan sharing anggaran. Dengan melibatkan pemda kabupaten/kota yang tidak kebagian menggelar Pilkada pada tahun 2018. Mulai dari Kota Mataram, KLU, Lombok Tengah, Sumbawa, KSB, Dompu, dan Kabupaten Bima.

“Namun ini masih perlu pembahasan dan persetujuan lebih lanjut,” ungkap Sekretaris Komisi V DPRD NTB ini.

Seperti diketahui, KPU NTB mengusulkan anggaran pilkada sebesar Rp 243 miliar. Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan KPU NTB dengan melihat revisi perundang-undangan terkait pemilu.

Bawaslu NTB tidak ketinggalan mengusulkan dana pengawasan mencapai Rp 80 miliar. polanya untuk tahap pertama yakni, sebesar Rp 41 miliar di tahun 2017 dan Rp 48 miliar pada tahun 2018.

Sementara itu, kepolisian mengusulkan anggaran keamanan mencapai Rp 95 miliar. Dana itu diperuntukan untuk membiayai dua SSK pasukan BKO dari Mabes Polri. Sedangkan, fokus keamanan akan dipusatkan di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Timur. (ewi/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka