Ketik disini

Selong

Sembilan Desa Kelebihan Pendaftar

Bagikan

SELONGA�– Antusiasme warga untuk ikut serta dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lombok Timur (Lotim) cukup besar. Terbukti, di sejumlah desa banyak calon kepala desa yang melebihi jumlah kuota. Akibatnya, para bakal calon ini pun harus melalui tahapan seleksi sebelum ditetapkan menjadi calon kepala desa.

“Ada sembilan desa yang bakal calon kadesnya lebih dari lima orang. Makanya nanti untuk menyeleksinya mereka harus mengikuti tes wawancara dan tes tertulis,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Lotim H Syamsudin kepada Lombok Post.

Dijelaskan, ada empat tahapan Pilkades serentak di Lotim. Mulai dari tahap persiapan, pencalonan, pemungutan, dan penetapan. Tahap persiapan dikatakan Syamsudin sudah rampung semuanya. Saat ini, proses Pilkades telah memasuki tahap pencalonan.

“Kamis tanggal 13 Oktober lalu sudah penetapan calon yang memenuhi syarat. Namun bagi desa yang pendaftarnya kurang dari dua orang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran selama 20 hari,” jelas Syamsudin.

Jumlah bakal calon Kades yang begitu banyak di sembilan desa ini diyakini karena antusiasme masyarakat menyambut Pilkades serentak cukup baik. Selain itu alasan lainnya yakni tahun ini para bakal calon tidak diberatkan dengan biaya pendaftaran menjadi calon kepala desa. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana bakal calon kades menanggung beban biaya pendafaran.

“Pilkades kali ini mereka (bakal calon Kades, Red) tidak diberatkan pendaftaran karena itu ditanggung oleh dana desa untuk segala biaya proses pemilihan kepala desa,” ungkapnya. Anggaran dana desa yang cukup besar juga bisa dinilai menjadi daya tarik bagi calon kades untuk mengelolanya demi kebaikan pembangunan di desa.

Terpisah Sekretaris Kecamatan Sikur, Lalu Putra mengungkapkan untuk di desanya semua calon kades sudah ditetapkan.

Di masing-masing desa tidak ada kelebihan kuota calon kades maupun kekurangan calon. “Di Desa Semaya dan Jeruk Manis ada tiga calon. Sedangkan Montong Baan Selatan pas lima orang. Jadi tidak ada seleksi maupun perpanjangan waktu pendaftaran,” tandasnya. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka