Ketik disini

Bima - Dompu Sumbawa

APBDes Oi Katupa Bermasalah

Bagikan

BIMA – Inspektorat Kabupaten Bima menemukan indikasi penyalahgunaan alokasi dana desa (ADD) di Desa Oi Katupa Kecamatan Tambora. Sejumlah program yang tertuang dalam APBDes ternyata tidak dilaksanakan.

”Tim Inspektorat yang diturunkan ke lapangan tidak menemukan pekerjaan yang diprogramkan dalam APBDes 2015,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Bima H Ridwan, kemarin.

A�Dia menduga ada penyalahgunaan ADD. Karena tidak ada pekerjaan fisik yang terealisasi dari APBDes tersebut.

Mantan Kepala Dispenda Kabupaten Bima ini menyebutkan, pembuatan bak air minum dan perpipaan tertuang di dalam APBDes. Kemudian pembangunan jalan ekonomi dan pengadaan hand traktor juga masuk dalam dokumen anggaran.

”Dalam APBDes ada item kegiatan itu. Tapi secara fisik tidak dilaksanakan,” bebernya.

Dari hasil pengecekan lapangan jelasnya, telah diklarifikasi dengan aparat desa setempat. Termasuk dengan Kades Oi Katupa.

Lapora hasil pemeriksaan (LHP) terhadap APBDes Oi Katupa telah diserahkan ke Bupati Bima. Bahkan LHP itu telah diminta pihak Polres Bima Kabupaten.

”Pihak polres sudah menghubungi Bupati Bima. Mereka meminta hasil temuan di Desa Oi Katupa,” katanya.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengakuA� telah menerima LHP Desa Oi Katupa dari Inspektorat. ”Sudah saya terima. Karena ini berkas negara, tidak bisa dipublikasikan,” katanya. (dam/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka