Ketik disini

Sumbawa

Warga Laporkan Dugaan Penyelewengan ADD

Bagikan

SUMBAWA – Dugaan penyimpangan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dilaporkan kepada aparat penegak hukum. Kali ini, giliran ADD Usar Mapin, Kecamatan Alas Barat yang dilaporkanA� oleh masyarakat ke Kejaksaan Negeri Sumbawa, kemarin.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, diduga ada penyimpangan dalam penggunaan ADD untuk sejumlah item kegiatan. Seperti untuk pembelian lapangan sepak bola seluas satu hektare. Pengadaan satu unit bedug posyandu, bantuan bangunan 30 unit deker yang diduga tidak jelas hingga bantuan masjid yang diduga tidak transparan. Adapun total dana untuk keseluruhan item tersebut bersumber dari ADD 2015 sebesar Rp 500 juta lebih.

Kajari Sumbawa Paryono yang dikonfirmasi membenarkan adaya laporan tersebut. Dalam menangani laporan tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Inspektorat Sumbawa terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan kerangka TP4D untuk pembinaan desa ketika adanya laporan dugaan penyimpangan. ”Ini kan masih sebatas laporan. Belum kita tahu menyimpang atau tidak. Kalau ada laporan-laporan seperti ini kita serahkan ke Inspektorat untuk membinanya,” ujarnya.

Paryono menjelaskan, laporan ini diserahkan ke Inspektorat guna mengetahui ada atau tidaknya keinginan dari pihak yang dilaporkan untuk memperbaiki. Jika tidak ada upaya dan terdapat indikasi serta niat untuk melakukan korupsi serta penyimpangan, pihaknya tetap akan langsung menindaklanjuti laporan tersebut. ”Namun, prosedurnya tetap kita serahkan ke Inspektorat terlebih dahulu,” pungkasnya. (run/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka