Ketik disini

Metropolis

Mesin Mangkrak, Bank Sampah Mati Suri

Bagikan

MATARAM – Dua mesin daur ulang sampah di Kelurahan Karang Pule, mangkrak. Mesin ini merupakan bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Mataram beberapa waktu lalu.

Dua buah mesin tersebut tidak pernah disentuh sejak tiba di kelurahan. Kini, kedua mesin tak ubahnya barang rongsokan yang disimpan di sebuah gudang pembuatan batako di wilayah tersebut.

Lurah Karang Pule H Taufiqurrahman membenarkan jika kedua mesin tersebut tidak pernah terpakai. Bahkan masih terbungkus rapi.

Sementara itu, Kepala Lingkungan Emas Mutiara Hanan menuturkan, kedua mesin itu mangkrak sejak lama. Masyarakat sama sekali tidak menggunakan alat tersebut.

Penyebabnya, warga tidak tahu cara mengoperasikannya. Pemerintah hanya memberikan bantuan namun tidak disertai dengan panduan. “Seharusnya dilatih,” kata Hanan.

Ia tidak tahu berapa harga mesin daur ulang sampah itu. Namun, Hanan memprediksi harganya mencapai puluhan juta. “Pasti banyak anggaran yang telah dihabiskan untuk mesin tersebut,” duganya.

Tak hanya mesin daur ulang sampah, kelompok Bank Sampah di semua kelurahan seperti mati suri. Misalnya di Kelurahan Ampenan Tengah, Pagutan, dan Monjok.

Lurah Ampenan Tengah, Hasbullah menuturkan, hal tersebut disebabkan banyak faktor. Diantaranya pemasaran hasil produk olahan daur ulang. “Produk yang telah jadi belum memiliki pembeli tetap,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Hasbullah, perajin Bank Sampah mampu menghasilkan beragam produk menarik. Mulai dari tempat gelas, piring hingga keranjang. Dari segi daya tahan, produk olahan daur ulang lebih tahan lama dan ekonomis. “Harganya juga lebih murah,” terangnya.

Sayangnya, tak banyak orang tertarik menggunakan produk hasil olahan sampah. Akibatnya, hasil produksi justru menumpuk dan terkesan sia-sia. “Masyarakat kita masih belum terbiasa menggunakan produk olahan sampah,” tuturnya.

Sementara Lurah Monjok Mohammad Iswan meminta dinas terkait memberikan perhatian khusus terhadap produk olahan sampah ini. Caranya dengan mewajibkan semuan instansi pemerintah menggunakan produk hasil olahan sampah. Dengan begitu distribusi hasil produk dapat terus berjalan.

“Bila perlu dibuatkan aturan semacam perwal untuk mendukung,” pungkasnya. (fer/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

 wholesale jerseys