Ketik disini

Headline Sumbawa

Berdalih Jenguk Keluarga di Malaysia

Bagikan

SUMBAWA – Ratusan pemohon pasport ditolak oleh Kantor Imigrasi Klas II Sumbawa. Penolakan ini dilakukan karena data yang diajukan dan dokumen kelengkapan pemohon tidak cukup.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Sumbawa Syahrifullah semua pemohon yang ditolak adalah yang mengajukan permohonan pasport 48 atau pasport pelancong. Sebagian besar yang ditolak ini adalah pemohon yang beralasan mengunjungi keluarganya di Malaysia.

”Selama ini alasan itu kerap dijadikan modus untuk bekerja di luar negeri. Karenanya kami memperketat pelayanan penerbitan pasport,” kata Syahrifullah kepada wartawan, kemarin (21/10).

Diungkapkan, dalam dua bulan terakhir ini sudah hampir 200 berkas pemohonan pasport yang ditolak. Pada September sebanyak 90 orang pemohon lebih dan Oktober sudah lebih dari 100 berkas pemohon yang ditolak. Para pemohon ini berasal dari empat kabupaten di Pulau Sumbawa.

Menurut Syahrifullah, penolakan ini dilakukan tidak serta merta. Pihaknya melakukan pengecekan mulai dari dokumen persyaratan yang dibawa. Seperti KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran atau buku nikah. Kelengkapan dokumen ini tidak cukup untuk dikabulkannya berkas permohonan bagi penerbitan pasport. Pihaknya melakukan pengecekan lapangan terhadap dokumen yang diajukan pemohon.

Selain itu pemohon akan diwawancara memastikan kebenaran dan tujuan kunjungan. Dari wawancara ini baru terungkap modus tersebut. ”Saat kita tanya hubungan dengan keluarganya di Malaysia, dan dimana dia bekerja, pemohon ini tidak tahu. Ya kami tolak daripada muncul permasalahan di kemudian hari,” katanya.

Syahrifullah membantah cara yang dilakukan untuk mempersulit para pemohon yang hendak mengunjungi keluarganya di luar negeri. Karena pihaknya semata-mata mengantisipasi adanya TKI yang hendak bekerja melalui jalur nonprosedural. Sebab, jika bermasalah, Imigrasi yang selalu disalahkan. ”Ini upaya kami untuk menekan dan mencegah TKI yang bekerja secara nonprosedural di luar negeri,” pungkasnya. (run/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

 wholesale jerseys