Ketik disini

Metropolis

Hujan Buat PU Keteteran

Bagikan

MATARAM – Hujan yang membuat eningkatnya debit air di saluran irigasi, saluran drainase, bahkan sungai memaksa Dinas PU Kota Mataram bekerja ekstra. Apalagi peningkatan tinggi muka air, ikut membawa gundukan sampah yang dibuang ke sungai tersebut.

 ”Seksi Drainase, Seksi Irigasi, dan Seksi Sungai dan Pesisir harus kerja keras,” kata Kabid Pengairan Dinas PU Kota Mataram H Ihsan.

Sampah yang terbawa aliran air menjadi masalah lain yang juga harus diatasi. Terlambat bergerak, maka penumpukan sampah bisa membuat aliran air tersendat, sehingga dapat memicu genangan, bahkan luberan air ke badan jalan.

”Makanya kalau hujan sudah mulai, justru kami harus kerja keras, makin intens keliling,” ujarnya.

Untuk urusan drainase, saluran sepanjang 470 kilometer diurus 90 orang petugas. Sedang untuk saluran irigasi, baik primer dan sekunder sepanjang 225 kilometer diurusi 99 petugas. Satu lagi tim mengurusi sungai dan pesisir, jumlahnya mencapai 60 orang petugas.

”Dengan jumlah personil itu, tetap saja kami hadapi berbagai kesulitan,” ujarnya.

Pantauan Lombok Post, setiap hujan mengguyur, muncul genangan di sejumlah titik. Sepanjang akhir pekan, Ampenan yang menjadi daerah terendah dan muara sejumlah sungai besar, termasuk saluran irigasi dan drainase, kerap menjadi sasaran genangan.

”Airnya tidak ngalir, makanya meluber ke jalan,” kata Rian, seorang warga menunjukkan genangan air di Jalan Energi. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka