Ketik disini

Tanjung

Desa Seharusnya Bisa Ambil Bagian

Bagikan

TANJUNG – Keberadaan lumbung pangan di setiap daerah merupakan salah satu hal yang penting. Untuk itu, tahun ini, Lombok Utara kembali menambah tujuh lumbung pangan. Pembangunan tujuh lumbung pangan ini menelan anggaran sebesar Rp 812 juta lebih. ”Ini tersebar di seluruh kecamatan,” ujar Kepala BKP4K Lombok Utara Nurta Dharma Sucaka, kemarin (24/10).

Dijelaskan, sebelum 2016, lumbung pangan di Lombok Utara mencapai 19 unit. Dengan pembangunan tujuh lumbung pangan baru, maka Lombok Utara memiliki 26 unit. ”Saat ini masih untuk kelompok tani bukan desa. Memang arahnya nanti ke lumbung desa,” paparnya.

Namun dari jumlah ini, Nurta mengaku masih belum mencukupi. Karena itu, pihaknya berharap tahun depan bisa bertambah. Kekurangan ini juga sebenarnya bisa dilakukan pemerintahan desa dengan mengalokasikan dana desa. Karena alokasi dana desa di setiap desa saat ini cukup besar. ”Saya kira sebaiknya seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut, Nurta mengatakan, pembangunan lumbung pangan bukan diusulkan dari pihak pemerintahan desa. Akan tetapi yang mengajukan proposal ini yakni kelompok tani. Proposal diajukan ke BKP4K Lombok Utara. Selanjutnya pihaknya akan melakukan verifikasi, apakah layak atau tidak untuk mendapatkan pembangunan lumbung pangan tersebut.

Dalam verifikasi, proposal sudah ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku. ”Kelompok mendapatkan lumbung pangan dianggap mampu dan ketersediaan kelompoknya yang memiliki badan hukum,” tandasnya.

Lumbung pangan sangat membantu masyarakat dan kelompoknya. Terutama ketika satu kelompok tidak memiliki gabah,  bisa diberikan pinjaman dengan perjanjian harus diganti pada saat panen selanjutnya.

Selain itu, adanya lumbung pangan maka Lombok Utara tidak akan kekurangan sandang dan pangan sebagai kebutuhan pokok masyarakat. ”Kita tetap lakukan pembinaan kepada kelompok tani ini. Sudah ada penyuluh yang mendampingi mereka,” pungkasnya. (puj/r7)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka