Ketik disini

Kriminal

Keluar Penjara, Oknum Polisi Tipu Warga

Bagikan

MATARAMA�– Bripda Khotibul Umam, anggota kepolisian di Polres Mataram diberhentikan dengan tidak hormat (PTDH), kemarin (24/10). Dia dipecat akibat melakukan sejumlah tindakan indisipliner. Pemecatan Umam, menyusul dua rekannya yang lebih dulu dipecat Polres Mataram.

Berdasarkan keterangan polisi, Umam sempat menjadi pesakitan di sel Polres Mataram, karena tersangkut masalah narkoba. Sekeluarnya dari penjara, bukannya tobat, Umam malah mengulangi kesalahannya.

“Keluar sel, dia nipu orang,” kata Kapolres Mataram AKBP Heri Prihanto, kemarin.

Heri melanjutkan, saat berada di dalam sel, Polres Mataram sebenarnya telah memproses pemecatan untuk Umam. Tetapi, sebelum resmi dipecat sebagai anggota polisi, Umam rupanya melakukan penipuan. Modusnya, dia mendatangi sejumlah warga dengan mengenakan celana polisi dan jaket. Kemudian dengan alasan tertentu Umam meminjam kendaraan mereka.

“Penipuannya ini sampai Pati di Jawa Tengah, dan telah masuk laporan polisi,” ungkap Heri.

Karena itu, jajarannya langsung mengadili Umam melalui sidang komisi kode etik Polri September lalu.

“Sebetulnya sungguh berat, tapi ini aturan yang harus kita tegakkan,” tegas Heri.

Dalam upacara PTDH di halaman mapolres, Heri berpesan agar setiap anggotanya memikirkan konsekuensi dari perbuatan yang dilakukan.

A�”Jangan nanti setelah dipecat baru menyesal,” kata dia.

Lebih lanjut, Heri mengatakan, pemecatan terhadap Umam bisa dijadikan pelajaran bagi anggota polisi lainnya. Sehingga, tidak ada lagi polisi yang dipecat dikemudian hari.

“Saya minta, cukup saya ini saja yang memberhentikan anggota,” ujarnya.

Selain melakukan pemberhentian anggota, kemarin, Kapolres Mataram memberikan penghargaan terhadap AKP Fredrik Pohan. Penghargaan tersebut terkait purna tugasnya mantan Kanit Lantas Polsek Cakranegara ini.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka