Ketik disini

Headline Tanjung

KLU Mulai Seleksi Wakilnya

Bagikan

TANJUNG – Ratusan anggota Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dari lima kecamatan mengikuti Pekan Daerah (Peda) di halaman kantor BKP4K dan DPPKKP Lombok Utara, kemarin. Kegiatan yang digelar sampai 26 Oktober ini sekaligus untuk menyeleksi perwakilan KLU yang akan dikirim ke ajang Peda XV tingkat Provinsi di Mataram. Rencananya, Peda tingkat provinsi akan digelar  2-4 November mendatang.

Ketua KTNA Lombok Utara Raden Sucipto mengungkapkan, persiapan yang matang sangat diperlukan untuk mengikuti Peda tingkat provinsi. ”Peda kabupaten ini akan menentukan peserta yang akan dikirim ke provinsi,” ujarnya, kemarin (24/10).

Ditambahkan, tujuan umum kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani dan nelayan serta masyarakat agribisnis. Salah satunya supaya memiliki daya saing, kerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Lebih lanjut, Sucipto mengatakan, sebelum pelaksanaan Peda ini, masing-masing kecamatan perlu menyelenggarakan persiapan. Seperti sosialisasi, rembug KTNA kecamatan, menentukan calon peserta sesuai keahlian dan menentukan peserta yang akan mengikuti rangkaian kegiatan Peda. Diantaranya, temu usaha agribisnis, gelar dan temu teknologi, temu karya, unjuk tangkas, asah tampil, dan lainnya.

Dalam Peda ini,  masing-masing kecamatan menampilkan produk pertanian maupun hasil laut. Lima kecamatan masing-masing, mengirimkan 20 orang wakilnya. ”Mereka menampilkan hasil olahan baik pertanian, perkebunan, kerajinan yang paling baik dan menarik, itu yang bakal jadi pemenangnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP4K) Nurta Dharma Sucaka mengatakan, Peda ini digelar pertama kali digelar tahun 1971. Kegiatan ini dilaksanakan empat tahun sekali.

Di tingkat kabupaten, Peda dilakukan sebagai bentuk mempersiapkan kapasitas sumber daya petani, mental, dan psikologis petani untuk bersaing di tingkat provinsi. ”Kesiapan peserta pada Peda di kabupaten sangat menentukan kesiapan peserta dan kelancaran kegiatan Lombok Utara di tingkat provinsi,” ujarnya. (puj/r7)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka