Ketik disini

Kriminal

Polda NTB Damaikan 12 Ribu Sengketa

Bagikan

MATARAMA�– Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono memuji kinerja Bhabinkamtibmas di NTB. Menurutnya, para Bhabin mampu menjaga kondusifitas keamanan di setiap wilayahnya. “Gangguan kamtibmas memang selalu ada, tapi adanya kerja keras dari berbagai pihak, membuat situasi tetap kondusif,” kata Umar.

Peran Bhabin, lanjut Umar, bisa dilihat dari laporan masalah keamanan sepanjang tahun ini. Dari 21 ribu laporan, Bhabinkamtibmas mampu memediasi hingga 12 ribu kasus.

“Bayangkan kalau itu semua masuk menjadi laporan polisi, kelimpungan semua penyidiknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Umar, untuk seluruh Indonesia, hanya di NTB saja yang menempatkan Bhabinkamtibmas di setiap desa. Sebabnya, dia menyadari pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga kondusifitas wilayah.

Karena itu, Umar tetap meminta Bhabin bekerja dengan baik. Secara proaktif memetakan kerawanan desa. Sehingga bila timbul permasalahan, bisa langsung diselesaikan melalui mediasi.

“Jadi masalah itu berhenti di Bhabinkamtibmas, tidak sampai masuk kantor polisi,” katanya.

Selanjutnya, adanya program pemberantasan pungutan liar, disebut Umar menjadi tugas tambahan bagi Bhabinkamtibmas. Mereka diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyakat untuk ikut membantu polisi.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka