Ketik disini

Bima - Dompu

Kades Rato Diisi Plt

Bagikan

BIMA – Karena jabatan kepala desa termasuk jabatan politik, maka tidak bisa dibiarkan kosong terlalu lama. Apalagi saat ini pemerintahan desa sudah berotonomi penuh. Rencananya, jabatan Kades Parado Rato akan segera diisi oleh penjabat pengganti dari aparatur sipil negara (ASN) dengan status pelaksana tugas (Plt).

Sejak musibah pembunuhan yang menimpa kades, kini posisinya menjadi lowong. Sesuai PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Desa, telah mengatur tentang jabatan kades yang lowong yang dikarenakan meninggal dunia atau diberhentikan.

Kepala BPMDes melalui Kabid Pemerintahan Desa Mardiana menjelaskan, proses pengisian jabatan kades yang lowong ditentukan beberapa hal. Diantaranya, apakah kades sebelumnya terpilih dalam pilkades serentak atau tidak.

Jika masa jabatan kades lebih dari satu tahun, maka akan diangkat pejabat antar waktu. Namun jika kurang dari satu tahun, maka akan ditunjuk penjabat pengganti yang berasal dari ASN. “Kemungkinan terbesarnya akan diisi oleh penjabat pengganti ASN,” kata Mardiana, kemarin.

Peluang diisi oleh pejabat pengganti ASN ini besar karena melihat masa kepemimpinan almarhum Kades Rato. Selain itu, almarhum sebelumnya terpilih menjadi kades sebelum pilkades serentak digelar.

Lalu siapa yang berwenang menunjuk pejabat pengganti ASN tersebut?

“Itu hak bupati yang menentukan,” jawab Mardiana.

Namun penunjukan tersebut belum dilakukan sekarang. Karena masih dalam masa berkabung. Tapi sesuai dengan amanat UU yang ada, jabatan kades tidak boleh lowong terlalu lama. Karena sangat berkaitan dengan pelaksanaan dan tata kelola pemerintahan desa. “Persoalan roda pemerintahan dan keuangan itu semua membutuhkan pejabat Kades. Jadi tidak boleh terlalu lama lowong,” pungkasnya. (cr-tin/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka