Ketik disini

Pendidikan

16 Sekolah SMP Daftar UN CBT

Bagikan

MATARAM — sebanyak 16 sekolah jenjang SMP sederajat mendaftarkan diri pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sistem Computer Based Test (CBT). Terjadi penambahan delapan sekolah yang akan melaksanakan sistem online di Kota Mataram dibandingkan tahun sebelumnya. “Siapa tahu ada penambahan lagi nantinya. Kan masih ada waktu,” kata Kabid Dikdas Dikpora Kota Mataram H Zainal Arifin, kemarin (3/11).

Ia mengatakan, pelaksanaan UN CBT ini tergantung sekolah. Tidak ada paksaan. Jika sekolah merasa mampu meaksanakan maka ia akan mendaftarkan diri langsung ke Kemendikbud. Sebaliknya, jika belum siap maka tidak bisa dipaksakan ikut. “Sekolah yang daftarkan dirinya langsung ke Kemendikbud,” imbuh pria jangkung ini.

Ia mengutarakan, tidak semua sekolah bisa menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ini tergantung fasilitas. Sekolah harus memiliki komputer, laptop, dan server. Belum lagi harus menyiapkan jenset untuk jaga-jaga mati lampu. “Ini semua harus ada,” cetusnya.

Sejauh ini lanjutnya, baru 14 sekolah yang sudah mendaftarkan diri dalam pelaksanaan UN CBT. Sekolah ini sudah mulai mempersiapkan diri terkait fasilitas yang digunakan dalam UN tersebut. “Sekarang mereka mulai menyiapkan fasilitas dan teknisinya,” tutupnya.

Sementara itu Kasi Dikdas Dikpora Kota Mataram Sarappudin menambahkan, sekolah yang sudah mendaftarkan diri sudah didata Dikpora Kota Mataram. Sehingga nantinya ada pemantauan dari pusat terkait siap kesiapan sekolah menjelang UN. “Nanti pusat akan cek kesiapan sekolah ini dalam pelaksanaan UN CBT,” tukasnya. (jay)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka