Ketik disini

Kriminal

Polisi Buru Otak Penyelundupan Karang

Bagikan

MATARAM – Percobaan penyelundupan karang kembali terjadi. Sempat mereda selama tiga minggu terakhir, kemarin (3/11) Polsek KP3 Pelabuhan Lembar bersama Balai Karantina Ikan, menggagalkan upaya penyelundupan karang melalui bus di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat (Lobar).

Menurut keterangan polisi, karang yang diamankan petugas, rencananya akan dikirim ke Bali. Namun, karena tidak dilengkapi dokumen resmi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Balai Karantina Ikan, jajarannya mencegah keluarnya karang tersebut dari Lombok.

Digagalkannya penyelundupan ini bermula dari kedatangan bus Tiara Mas, sekitar pukul 13.20 Wita, di Pelabuhan Lembar. Polisi dan petugas Balai Karantina Ikan yang tengah berjaga, langsung melakukan memeriksa bagasi.

Ketika dicek, petugas menemukan satu boks yang berisi 336 karang dengan jenis Fungia. Pengakuan sopir kepada petugas, paket berisi karang ini dinaikkan di Alas, Sumbawa. ”Saat ditanya suratnya, sopir tidak bisa menunjukkan, akhirnya kita amankan,” kata Kapolsek KP3 Lembar Ipda Jasa Yulianto, kemarin.

Selanjutnya, karang dibawa petugas ke Kantor Balai Karantina Ikan wilayah kerja Lembar, untuk didata. Setelah pendataan, petugas langsung melepasliarkan seluruh karang di kawasan konservasi di Sekotong, Lobar.

”Supaya tidak mati, sorenya (kemarin,Red) kita lepas langsung di Sekotong,” tandasnya.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka