Ketik disini

Sumbawa

Cukai Tembakau Palsu Masuk KSB

Bagikan

TALIWANG — Peredaran cukai tembakau palsu marak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Operasi yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), ditemukan cukai tembakau palsu di berbagai tempat.

Kasat Pol PP Sumbawa Barat Agus Hadnan  mengatakan jumlah peredaran cukai rokok palsu sudah menyasar wilayah KSB. Kondisi ini sangat disayangkan karena merugikan daerah.

Agus  mengatakan, dalam operasi gabungan yang dilakukan pihaknya belum lama, mereka berhasil mengamankan beberapa jenis cukai rokok tembakau palsu. Rata-rata cukai palsu itu ditemukan pada merek rokok yang masih asing di telinga masyarakat.

‘’Ada banyak yang kami sita. Rata-rata rokok dengan cukai tembakau palsu ini diperoleh dari kios-kios kecil di pinggir jalan,’’ katanya, kemarin.

Dia menduga cukai tembakau palsu ini sengaja dipasok ke KSB dengan alasan tertentu. Salah satunya, untuk menghindari adanya pajak dan penerimaan lain dari sektor ini. Agus mengaku, hingga saat ini pihak masih terus melakukan pamantauan di beberapa titik, tempat cukai rokok palsu ini ditemukan.

‘’Kami masih terus melakukan pengawasan. Karena kalau ini masih beredar, juga sangat membahayakan,’’ jelasnya.

Dikatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sempat melakukan operasi gabungan. Pihaknya tidak menemukan produsen rokok dengan cukai tembakau palsu itu. Sebaliknya, rokok tersebut diamankan langsung dari para pedagang.

‘’Rata-rata menurut pengakuan mereka, rokok itu diperoleh dari mobil box yang keliling. Harga yang ditawarkan pun relatif murah. Sementara untuk harganya jualnya sendiri, terbilang cukup tinggi. Ini alasan kenapa para pemilik kios itu mau menerima rokok tersebut,’’ bebernya. (far/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka