Ketik disini

Bima - Dompu Headline

Inspektorat Fokus Audit Dikes

Bagikan

KOTA BIMA – Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menjadi fokus utama audit dari Inspektorat. Dinas tersebut kerap menjadi sorotan soal pengadaan alat kesehatan (Alkes).

“Kami melakukan probity audit di Dikes,” ujar Kepala Inspektorat Kota Bima H Ramli Hakim pada Radar Tambora (Lombok Post Goup), kemarin(11/11).

Dijelaskan, probity audit adalah pemeriksaan secara menyeluruh terkait pengadaan barang dan jasa. Mulai dari pengadaan hingga penyerahan barang. Audit ini dilakukan karena Dikes sudah membuat MoU dengan Inspektorat untuk melakukan hal tersebut. Dikes tidak mau ada penyimpangan terkait pengadaan alat kesehatan (Alkes).

“Mereka minta audit, karena dianggap dalam pengadaan Alkes banyak kerancuan serta peluang salah dalam pengadaan sangat rentan terjadi,” katanya.

Kerancuan itu seperti saat pembelian alat kesehatan. Pembelian ini dilakukan dengan melihat katalog elektronik. Dalam katalog tercantum harga dan diskon. Apakah diskon tersebut masuk dalam standar harga yang telah ditetapkan atau tidak.

Belum lagi, kata dia, ada beberapa produsen yang menawarakan berbagai produk alkes. Kemudian produsen yang satu dan yang lain menawarkan produk yang sama tapi harganya berbeda.

Perbedaan ini akan menjadi pertanyaan. Sebab kenapa mengambil produk yang mahal sedangkan ada produsen lain yang menawarkan harga lebih murah.

“Harga yang mahal ini diambil, karena kualitasnya lebih bagus. Dan itu terkadang menjadi pertanyaan auditor lain,” ungkapnya.

Menyinggung sudah sejauh mana audit yang dilakukan, Ramli mengaku saat ini pemeriksaan sudah sampai tahap akhir. Yaitu serah terima dan pemanfaatan alat kesehatan.

“Setelah audit terakhir rampung akan dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada masalah yang terjadi,” pungkasnya. (nk/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka