Ketik disini

Metropolis

PDAM Gak Lagi Bisa Seenaknya

Bagikan

MATARAM –  Berbagai dampak negatif yang ditimbulkan akibat galian PDAM Giri Menang membuat Dinas PU Kota Mataram tak lagi bersikap lunak. Kadis PU Kota Mataram Mahmudin Tura menegaskan mulai tahun depan, PDAM harus meminta izin terlebih dulu sebelum melakukan penggalian pipa.

 ”Tak cukup hanya dengan pemberitahuan,” ujarnya.

Selama ini dikatakan, PDAM Giri Menang hanya memberikan permakluman saja pada pihaknya ketika ingin melakukan penggalian. Hal itu menurutnya tak bisa lagi dibiarkan. Karena dengan hanya permakluman, PU sebagai pihak yang bertanggung jawab atas aset yang terdampak tak bisa berbuat banyak.

”Kita akan pertimbangkan masak-masak sebelum memberikan izin,” ujarnya.

Lantas apakah dengan pola itu ada kemungkinan permohonan izin penggalian ditolak? Menurutnya bisa saja, tergantung kondisi di lapangan. Namun menurut Tura bukan itu intinya. Mewajibkan PDAM memohon izin terlebih dulu, agar semua bisa terkomunikasikan dengan lebih baik. Dengan proses itu, PU bisa mengetahui titik jalan yang akan berlubang dan terganggu. Mereka juga bisa mengetahui titik lain seperti pedestrian, area ruang terbuka, taman, dan lain sebagainya.

”Supaya kita bisa antisipasi dampaknya, itu tujuan izin ini,” jelas Tura.

Sejak lama galian PDAM Giri Menang disoal. Namun terkait hal tersebut, Dirut PDAM Giri Menang Ahmad Zaini memiliki pembelaannya sendiri. Yang pertama, penggalian wajib dilakukan untuk memperbanyak cakupan pelayanan PDAM. Dengan penggalian tersebut, masyarakat terjauh bisa dijangkau air bersih. Yang kedua dan menjadi penekannya adalah, setiap bekas galian pasti ditutup kembali seperti sedia kala. Namun hal itu memerlukan waktu dan proses.

”Pasti kita perbaiki, tapi tak bisa habis gali langsung tutup, ada proses untuk itu,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan tak semua galian dilakukan oleh PDAM. Sehingga tak elok jika seluruh kerusakan dilimpahkan kepadanya. ”Yang pasti yang kami gali pasti kami tutup lagi,” tukasnya. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka