Ketik disini

Sumbawa

Kejaksaan Panggil Semua Kades

Bagikan

SUMBAWA – Kejaksaan Negeri Sumbawa akan memanggil semua kepala desa (kades) se-Kabupaten Sumbawa. Hal ini dilakukan terkait pengawasan penggunaan dana desa masing-masing.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sumbawa Erwin Indraprajamengatakan, pemanggilan akan dilakukan dalam waktu dekat. Pemanggilan tidak hanya dilakukan terhadap kades saja. Termasuk juga dengan ketua BPD masing-masing. Ini bertujuan mengefektifkan pembangunan di desa. Jangan sampai terjadi persoalan di kemudian hari.

Dikatakan, apabila ada persoalan yang terjadi saat ini, diharapkan desa mendatangi kejaksaan. Jangan hanya menunggu. Salah satu program dari presiden adalah pencegahan tindak pidana korupsi. Jika memang ada kendala di desa, diharapkan untuk melakukan koordinasi dengan ahlinya.

Pihak kejaksaan juga membuka ruang bagi para kepala desa untuk berkonsultasi. Sejauh ini sudah ada sejumlah kades yang melakukan konsultasi. Pihaknya juga pernah berkoordinasi dengan Asosiasi BPD mengenai penggunaan dana desa ini. ”Jangan hanya masyarakat di desa saja. Tapi semua pihak juga harus melakukan pengawasan. Ini adalah uang rakyat dan untuk rakyat,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Menurut Erwin, pihaknya sudah berkomitmen untuk melakukan pengawasan sejak dana desa ini mulai dikucurkan. Pihak kejaksaan memonitor penggunaan dana tersebut. Apakah penggunaannya sudah sesuai atau tidak. Mengingat, dana masing-masing desa jumlahnya cukup besar. Jika tidak diawasi secara detail, dikawatirkan dananya akan digunakan semaunya.

Kejaksaan sudah melakukan rapat dengan Inspektorat dan BPMPD Sumbawa. Karena itu akan dibentuk tim untuk melakukan pengawasan dana desa. Setelah itu, pihak kejaksaan akan turun ke desa-desa.

”Semakin banyak yang mengawasi, semakin bagus. Maka pekerjaannya akan sesuai dengan aturan,” terang Erwin.

Apabila terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana desa, maka akan ditindak tegas. Untuk yang belum berjalan, bisa dilakukan pencegahan. Menurut Erwin, lebih baik pencegahan daripada penindakan. Namun, jika sudah dilakukan pencegahan, namun masih ada penyimpangan, pastinya akan ditindak tegas. (run/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka