Ketik disini

Bima - Dompu

Dewan Bongkar Talud Jalan

Bagikan

BIMA – Komisi III DPRD Kabupaten Bima mengecek proyek perbaikan jalan lintas Bajo-O’O Kecamatan Donggo. Proyek miliaran rupiah itu diduga dikerjakan asal jadi.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bima H Mustahid mengatakan, pekerjaan proyek jalan itu bermasalah. Proyek itu diduga menyalahi rencana anggaran belanja (RAB).

”Kita bongkar talud yang dibuat rekanan karena galian pondasi talud tidak sesuai RAB. Campuran semen juga tidak bagus,” ungkapnya pada Radar Tambora (Lombok Post Group), kemarin(22/11).

Kata dia, pembongkaran pekerjaan talud tersebut dilakukan bersama anggota Komisi III, PU dan masyarakat setempat. Karena sebelum turun mengcek, dewan sudah mendapat pengaduan dari masyarakat.

”Warga keberatan melihat  pengerjaan proyek  yang terkesan asal jadi,” jelasnya.

Menurut anggota dewan dari PKB ini, perbaikan jalan satu paket dengan pembuatan talud. Dikerjakan oleh PT Citra Nusra Persada (Group PT Bunga Raya) dengan anggaran Rp 5 miliar, bersumber  dari APBD tahun 2016.

 ”Kita sudah melihat langsung pekerjaan talud tersebut, ternyata tidak sesuai RAB. Baik kedalaman galian pondasi maupun campuran semen dan kualitas pasir,” bebernya.

Dijelaskan, sesuai bestek galian pondasi talud seharusnya 40 centimeter. Kecuali pada lokasi ditemui tanah cadas atau tanah keras.

 ”Rata-rata galian pondasi talud  dengan kedalaman 15 sampai 20 centimeter,” katanya.

Kejanggalan pekerjaan proyek  tersebut, kata dia, sudah dikoordinasi dengan Dinas PU. Mereka sepakat untuk turun besama, Rabu (23/11) melihat langsung pekerjaan proyek tersebut.

”Kita akan bongkar besok. Saya dan kepala Dinas PU sudah janji akan turun lagi,” pungkasnya. (dam/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka