Ketik disini

Sumbawa

Irawansyah Resmi Digantikan Syafruddin Deny

Bagikan

TALIWANG – Syafruddin Deny akhirnya resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Politisi Partai Hanura ini dilantik dalam proses pergantian antar waktu (PAW) yang dilakukan DPRD KSB melalui rapat paripurna istimewa yang gelar kemarin.

Proses pelantikan Syafruddin Deny ini dipimpin langsung Ketua DPRD KSB Muhammad Nasir. Sejumlah pejabat, tokoh agama dan masyarakat juga ikut menyaksikan langsung prosesi tersebut.

Ketua DPRD KSBN Muhamad Nasir mengatakan pelaksanaan PAW terhadap anggota DPRD dari Partai Hanura berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Nomor: 177-922 Tahun 2016 Tanggal 14 November 2016 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Atas Nama Irawansyah S. Pd, serta mengangkat Syafruddin Deny, SE sebagai Anggota DPRD Sumbawa Barat Periode 2014-2019.

Berdasarkan SK tersebut, DPRD KSB menindaklanjuti melakukan proses PAW. PAW yang dilaksanakan sebagai langkah agar tidak terjadi kekosongan kursi di DPRD KSB. Terlebih saat ini DPRD KSB membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2017.

Dijelaskan, proses PAW sesuai usulan  dan keputusan dari partai politik. Legislatif dan ekskutif hanya berwenang melakukan proses usulan PAW. Terhadap hal ini, lembaga DPRD  telah melakukan verifikasi proses PAW secara objektif dan bebas dari tekanan dari pihak lain.

‘’Kita telah melakukan verifikasi  proses PAW secara objektif tanpa ada intervensi dari pihak manapun,’’ ungkapnya.

Karena itu, diharapkan kepada semua pihak agar melihat proses PAW sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Dia juga meminta agar semua pihak tidak untuk dapat menghormati keputusan yang sudah diambil parpol tersebut.

Kepada anggota yang baru dilantik, politisi PAN ini meminta agar segera menyesuaikan diri dengan anggota lainnya. ‘’Anggota yang baru dilantik saya harap bisa bekerja secara optimal melayani aspirasi masyarakat KSB secara umum,’’ harapnya.

Begitu juga kepada anggota DPRD yang di PAW Irawansyah, DPRD KSB mengucapkan terima kasih. Selama menjadi anggota DPRD telah bekerja dan melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD.

Sesuai jadwal agenda pelantikan PAW sedianya dilaksanakan jam 08. 00 WITA. Namun jadwal molor sekitar dua jam dari jadwal yang ditetapkan. Penundaan terjadi karena DPRD menerima putusan sela yang diajukan kuasa hukum Irawansyah yang meminta ketua DPRD KSB menunda proses PAW.

Putusan sela dengan Nomor: A-1.150.MTB Ass. 11. 2016 prihal Pemberitahuan Isi Putusan Sela, dengan Nomor Perkara No : 42/Pdt. sus. parpol. 2016/ PN-SBW. Dengan dasar itu, kemudian DPRD KSB mengelar rapat dengan badan musyawarah (Bamus). Selanjutnya Banmus mengirim putusan sela itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.  Dalam waktu yang tidak lama, DPRD KSB menerima surat dari Pemrov NTB. Surat dari Pemrov NTB yang ditandatagnani Sekda Provinsi NTB dengan Nomor: 120/961/Adm.Pem/2016 menegaskan sesuai Undang undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR DPR dan DPRD (MD3),  pelaksanaan PAW sesuai SK Gubernur Nomor 177 – 922 tahun 2016 meminta DPRD Sumbawa Barat segera melakukan PAW dan pengambilan sumpah terhadap  Syafruddin Deni.(is/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka