Ketik disini

Ekonomi Bisnis

BRI Gandeng BUMDes Jadi Agen

Bagikan

MATARAM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) siap untuk menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi agen bank. Ini merupakan tindak lanjut MoU pengembangan ekonomi mikro berbasis pedesaan yang ditandatangani di Islamic Center kemarin (23/11).

”Tujuan MoU ini untuk mengembangkan potensi desa dengan bank,” kata Direktur Kelembagaan Bank BRI Kuswiyoto usai Pembukaan TTG Nasional di Islamic Center kemarin (23/11).

Kerja sama Bank BRI dan Kemendes, PDT, dan Transmigrasi  tentang Pengelolaan Administrasi dan Manajemen Dana Desa serta Pengembangan BUMDes. Dalam mendorong kerja sama ini BRI akan membuat teras desa.

”Teras desa semacam agen bank yang dikembangkan di desa-desa, dan bisa melakukan transaksi perbankan,” jelasnya.

Dijelaskan BUMDes yang telah menjadi agen bank nantinya akan membangun semacam showroom yang nanti dijadikan tempat memamerkan atau menjual barang atau produk unggulan. Tidak hanya itu showroom ini juga menjadi tempat penyuluhan dan pembinaan.

”Program ini sudah dimulai di sepuluh desa terpencil terpilih se-Indonesia. Dari total 74 ribu desa, kami harapkan 20 persennya bisa jadi agen pada tahun depan,” ujarnya.

BRI sendiri telah memiliki satelit yang mampu menjangkau daerah di Indonesia secara lebih luas. Satelit ini akan membantu memberikan pelayanan yang sama untuk warga di desa terpencil dengan kota. Sehingga nantinya masyarakat di desa akan menerima layanan perbankan sama baiknya seperti di masyarakat di kota.

Saat ini BRI sudah memiliki 72 ribu agen di setiap desa. Tentunya agen ini akan semakin banyak, bila BRI telah bersinergi dengan BumDes. Pemilihan BUMDes menjadi agen karena banyak dijadikan tempat warga berkumpul dan berdagang.

Melalui kerja sama ini, BRI menyediakan berbagai fasilitas dan layanan seperti penyediaan  dashboard atau sistem yang secara interface tergabung dalam sistem perbankan di Bank BRI. Dashboard yang disiapkan berfungsi untuk mendukung efektifitas monitoring, administrasi dan pelaporan rekening kas desa dan rekening operasional BUMDesa atau BUMDesa Bersama.  Termasuk melakukan berbagai kegiatan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) bagi masyarakat desa, BUMDes, dan BUMDes Bersama dalam rangka pengembangan ekonomi desa.

”Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan BRI menyokong pembangunan dan pengembangan perekonomian pedesaaan sesuai dengan kearifan lokal masayarakat desa,” terangnya. (nur/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka