Ketik disini

Bima - Dompu Headline

Penimbunan Laut Terus Berlanjut

Bagikan

KOTA BIMA – Penimbunan laut untuk pembangunan mega proyek Amahami, ternyata masih terus berlanjut. Pantauan Radar Tambora (Lombok Post Group), kemarin(24/11). masih terlihat aktivitas truk pengangkut tanah yang menimbun laut menuju ke arah barat Amahami. Padahal sehari sebelumnya warga Kelurahan Dara menghentikan paksa penimbunan laut itu.

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Bima Samsuri yang dikonfimasi mengakui jika pekerjaan tersebut dilanjutkan. Kata dia, berdasarkan keputusan hasil dengar pendapat bersama warga, pimpinan dewan menginstruksikan tetap melanjutkan pekerjaan tersebut.

Menurut pimpinan dewan, kata Samsuri, pembangunan super block Amahami sudah masuk dalam APBD Kota Bima dan perda APBD. Sehingga, mau tidak mau penngerjaannya harus dilanjutkan dan dituntaskan

Meski tetap dilanjutkan, Samsuri memastikan di tingkat Komisi tetap melakukan penelusuran. Item yang akan ditelusuri Komisi III diantaranya, lokasi yang telah dibeli oleh Pemkot Bima seluas lima hektare. Komisi III ingin memastikan batas-batas yang dibeli Pemkot Bima.

“Termasuk hak-hak yang selama ini diklaim beberapa warga akan kami telusuri semua,” kata Samsuri.

Dalam penelusuran dan pengumpulan data, Komisi III akan menggandeng beberapa instansi terkait seperti BPN, lurah Dara dan lurah Paruga. Bahkan ada kemungkinan pihaknya juga akan mengundang Walhi sebagai instansi di luar pemerintahan.

“Itu semua akan kami jadikan referensi, termasuk dari Walhi sebagai lembaga pemerhati lingkungan,” akunya.

Disinggung mengenai pembentukan pansus, Samsuri mengaku kemungkinan akan tetap ada. Jika dalam penelusuran di tingkat komisi menemukan masalah yang berkaitan dengan komisi lain, maka pansus harus dibentuk. “Kita lihat perkembangannya, Senin (pekan depan) kami mulai berkerja,” pungkasnya. (cr-tin/r 4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka