Ketik disini

Kriminal

Jangan Asal Sebarkan Informasi

Bagikan

MATARAM – Revisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), mengharuskan masyarakat lebih bijak menggunakan dan menyebarkan informasi. Sebab, salah satu poin revisi menyasar individu yang ikut menyebarkan konten negatif.

Terkait hal tersebut, Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono mengharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati. Lebih cermat membaca setiap konten yang tersebar di internet melalui sejumlah media sosial.

a�?Kalau tidak baik dan berpotensi melanggar ITE, lebih baik dibaca sendiri, tidak usah dibagikan,a�? kata dia.

Kasubdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda NTB AKBP Darsono Setyo Adjie juga menyarankan hal serupa. Masyarakat harus lebih bijaksana menanggapi setiap informasi yang tersebar di media sosial.

“Kita harus bijaksana dalam menanggapi setiap informasinya, jangan langsung ditanggapi, kita harus pandai memilahnya, artinya perlu dikaji terlebih dahulu,” kata Darsono.

Dia menjelaskan, penggunaan media sosial pada intinya adalah sebagai ajang komunikasi dan sumber informasi yang bersifat edukasi. Namun, kemajuan teknologi yang kian pesat di era globalisasi ini, pemahaman dari penggunaan media sosial semakin terabaikan.

Parahnya, media sosial kerap disalahgunakan sebagai ajang fitnah. Sehingga mengarah pada pelanggaran pidana, pencemaran nama baik, penghinaan, pengancaman, atau aksi penipuan.

Karena itu, Darsono mengimbau masyarakat, terutama para pelajar yang dinilainya sebagai pengguna media sosial paling tinggi, agar lebih bijaksana dalam menggunakannya.

“Jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang belum jelas kebenarannya. Kalau pun dirasa informasi itu benar, berarti kita sudah berani untuk menanggung risikonya,” ucap Darsono.

“Dalam aturannya sudah disebutkan sanksi atau pun pidana yang dikenakan kepada siapapun yang melakukan pelanggaran, jadi kami berharap masyarakat lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial ini,” sambungnya.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka