Ketik disini

Tanjung

Asyik, Penumpang Publik Boat Akan Diasuransikan!

Bagikan

TANJUNG – Jelang Natal dan Tahun Baru, persoalan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang akan merayakan pergantian tahun di tiga gili menjadi prioritas. Untuk itu, Pemkab Lombok Utara melalui Dishubkominfo pun melakukan sosialisasi keselamatan angkutan laut terhadap penyedia jasa angkutan penyeberangan, kemarin. “Kita bahas khusus soal keamanan dan kenyamanan wisatawan yang akan menyeberang ke tiga gili pada tahun baru nanti,” ujar Kepala Dishubkominfo Lombok Utara Sinar Wugiyarno pada Lombok Post, kemarin (2/12).

Dijelaskan, dalam sosialisasi yang dihadiri Jasa Raharja, Syahbandar Pemenang, dan Ditpolair Polda NTB tersebut, publik boat diminta menyiapkan peralatan keselamatan yang memadai bagi wisatawan di kapal seperti jaket keselamatan. “Jangan penumpangnya 10 orang disiapkan hanya empat,” katanya.

Selain itu, publik boat juga harus menyediakan asuransi bagi penumpang yang menggunakan jasanya. Karena kondisi di laut tidak bisa diprediksi. “Jangan sampai jika terjadi apa-apa penyedia jasa angkutannya yang berat,” katanya.

Hingga saat ini, sebagian besar penumpang yang menggunakan jasa publik boat memang belum diasuransikan. Melihat kondisi inilah Dishub meminta agar penyedia jasa angkutan penyeberangan harus mengasuransikan penumpangnnya. Dengan asuransi sebesar Rp 2 ribu, jika terjadi musibah di laut maka penumpang bisa mendapatkan klaim asuransi hingga puluhan juta. “Harus segera diberlakukan. Kita harap tahun baru nanti semua penumpang harus sudah diasuransikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sinar mengungkapkan, khusus saat tahun baru nanti, penyedia jasa angkutan penyeberangan harus terus memantau kondisi cuaca. “Cuaca sekarang sering berubah, ini harus diperhatikan,” pungkasnya. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka