Ketik disini

Catatan Redaksi

Pemprov Siapkan Laboratorium Lingkungan

Bagikan

MATARAM – Pemprov NTB sudah melakukan persiapan untuk menyambut beroperasinya KEK Mandalika Resort di Lombok Tengah. Salah satunya dengan membuat laboratorium lingkungan. Dengan adanya fasilitas ini, para pengusaha tidak perlu lagi keluar daerah untuk mengurus berbagai persyaratan terakit lingkungan.

Sekda Provinsi NTB Rosiady Sayuti mengatakan, pembangunan laboratorium ini dihajatkan sebagai salah satu UPT unggulan pemprov ke depan. Karena seiring dengan pesatnya industri pariwisata, khususnya sektor perhotelan maka pemerintah perlu menyapkan fasilitas, seperti Laboratorium Lingkungan. Di mana syarat keluarnya izinkan harus ada rekomendasi dari laboratorium.

Dengan adanya laboratorium ini, berbagai pengujian dan kajian lingkungan sebagai salah satu syarat pembangunan hotel bisa diurus di NTB. Selama ini, para pengusaha harus mengurus rekomendasi laboratorium ke Denpasar, Surabaya bahkan ke Jakarta. Karena laboratorium tersebut juga harus bersertifikat agar bisa diakui hasilnya. “Ke depan tidak perlu keluar daerah dan itu menjadi PAD bagi kita,a�? katanya.

Dia meninjau laboratorium ini untuk memastikan fasilitas yang tersedia. Apakah sudah lengkap atau tidak. Jangan sampai, ketika sudah banyak orang membutuhkan, laboratorium belum siap.

Laboratorium ini juga dibutuhkan karena semua jenis pembangunan, terutama berskala besar jelas membutuhkan analisis dampak lingkungan (Amdal). Salah satu fungi fasilitas ini adalah untuk uji laboratoriumnya. “Lingkungan itu udara air dan limbah itu diuji di sini,a�? katanya. (ili/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka