Ketik disini

Bima - Dompu

Sekdes Lewintana Didemo

Bagikan

BIMA – Pergerakan Elemen Masyarakat Peduli Dana Ro Rasa (PEMPDR) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Desa Lewintana, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, kemarin(8/12). Pada aksi tersebut demonstran menyampaikan beberapa dugaan penyelewangan yang dilakukan Sekretaris Desa (Sekdes) Lewintana Ardiansyah.

Koordinator lapangan Jasman dalam orasinya menjelaskan, Ardiansyah diduga telah menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya. Sekdes terlibat pada satu paket proyek pembangunan tanggul di Dusun Lewintana. Besarnya anggaran proyek tersebut Rp 66 juta. Dengan volume pekerjaan 120 meter.

“Dalam aturan tertera dengan jelas bahwa pemerintah desa tidak diperbolehkan terlibat dalam proyek,” katanya saat orasi.

Menurut Jasman, Sekdes Lewintana telah melanggar pasal 20 tentang larangan perangakat desa yang diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bima Nomor 01 Tahun 2015. Menurutnya, selama ini tim 11 tidak pernah diberdayakan dan difungsikan. Padahal tim 11 itu dibentuk sebagai tim penyusun APBDes.

“Kami menduga Sekdes Lewintana telah menyalahgunakan uangA� karang taruna,” katanya.

Tahapan penyusunan RKPDes dan RPJMDes tidak sesuai dengan hasil Musrembangdus maupun Musrembangdes. Dia meminta Bupati Bima untuk segera memberhentikan oknum Sekdes Lewintana.

“Kami meminta penegak hukum agar segera menindak lanjuti dugaan pengelolaan dana ADD dan DDA yang tidak sesuai dengan aturan ini,” katanya.

Demonstran akhirnya ditemui oleh Kepala Desa Lewintana Ibrahim Muhamad. Menurut Ibrahim, apa yang menjadi tuntutan demonstran akan dilakukan klarifikasi dengan Sekdes Lewintana.

“Terkait tuntutan demonstran, akan kami klarifikasikan dengan sekdes,” ujar Ibrahim.Setelah mendapat penjelasan singkat tersebut, demonstran meninggalkan lokasi aksi. (yet/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka