Ketik disini

Sumbawa

Sejumlah Desa Rawan Banjir

Bagikan

TALIWANG – Intensitas curah hujan beberapa hari terakhir di Sumbawa Barat cukup tinggi. Akibatnya sejumlah desa dilanda banjir dan sebagian permukiman dalam Kota Taliwang tergenang air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) H Hamzah  mengtakan, sesuai laporan  banjir terjadi di sejumlah desa. Diantaranya, Desa Sekongkang Kecamatan Sekongkang, Desa Sapugara Bre dan Dusun Sedong Desa Kelanir Kecamatan Taliwang. Banjir yang melanda Dusun Sedong mengakibat  akses satu-satunya menuju desa tersebut  putus. Tidak bisa dilalui kendaraan.  Akibatnya, menghambat aktivitas masyarakat setempat  dan siswa ke sekolah.

Dikatakan, BPBD telah melaporkan secara lisan ke bupati. Mengingat, jika tidak ditangani segera, dikhawatir  menghambat aktivitas masyarakat setempat dan aktivitas siswa ke sekolah.

‘’Mudah-mudahan jalan dan jembatan itu segera ditangani,’’ katanya.

Selain itu, sejumlah lokasi rumah penduduk dalam Kota Taliwang tergenang air. Adapun wilayah  tergenang air diantaranya, sebagian Kelurahan Sampir, tepatnya di sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) As Syifa dan sebagian Kelurahan Arab Kenangan.Penyebab terjadinya genang air karena tidak didukung saluran drainase. Air hujan tidak bisa dibuang ke sungai. ‘’Jika saluran drainase  lancar dipastikan air hujan tidak menggenangi pemukiman warga,’’katanya.

BPBD menghimbau masyarakat, terutama masyarakat  yang tinggal bagian hulu Kecamatan Brang  Rea, Kecamatan Brang Ene dan Kecamatan Taliwang serta  Kecamatan Seteluk, mewaspadai banjir. Selain waspada terhadap banjir, warga juga harus mewaspadai tanah longsor, angin puting beliung. ‘’Setiap saat kami memantau semua daerah rawan terjadi banjir,’’ katanya. (is/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka