Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Dorong Pemahaman Kebanksentraan bagi Siswa

Bagikan

MATARAM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB mendorong pemahaman kebangsentralan bagi siswa di sekolah. Salah satunya melalui lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SMA.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Di mana tema utama PSBI pada tahun 2016 adalah Dedikasi untuk Negeri.  Pada tahun 2015 lalu, KPw BI NTB juga sukses menyelenggarakan kegiatan serupa se-Pulau Lombok. Sedangkan pada tahun 2016 LCC Kebanksentralan Tingkat SMA digelar di Pulau Sumbawa.

”Kali ini lomba yang diselenggarakan tingkat Provinsi NTB,” kata Kepala Perwakilan BI NTB Prijono kemarin (14/12).

Dalam lomba kali ini diadakan babak yang unik, seperti babak teka teki soal, babak tematik, dan babak rebutan. Perbedaan jenis babak tersebut diharapkan dapat menggelitik intelektual siswa untuk berpikir lebih kreatif dalam menjawab sebuah persoalan. Selain itu, pada LCC Kebanksentralan, KPw BI NTB membuka kesempatan bagi guru dan siswa selain tim LCC berpartisipasi pada lomba tambahan. Seperti lomba stand up comedy dengan tema Rupiahku Kuat, Indonesiaku Jaya. Juga digelar lomba mini drama dengan tema pilihan Nilai Tukar, Inflasi, dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

SMA Negeri 1 Taliwang  dari Kabupaten Sumbawa  Barat meraih juara satu setelah melalui beberapa babak dalam LCC Kebanksentralan Provinsi NTB 2016. Juara 2 dan juara 3 masing-masing diperoleh SMA Kristen Kesuma Cakranegara dari Kota Mataram dan SMA Negeri 1 Selong dari Kabupaten Lombok Timur.

Sedangkan untuk lomba Mini Drama, SMA Kristen Kesuma Cakranegara dari Kota Mataram memperoleh juara 1, SMA Negeri 1 Taliwang  dari Kabupaten Sumbawa  Barat meraih juara 2, dan SMA Islam Terpadu Ranggo dari Kabupaten Dompu mendapat juara 3.

Prijono menjelaskan LCC Kebanksentralan ini merupakan bentuk inovasi dari sosialisasi kebanksentralan agar lebih membumikan peran BI selaku bank sentral. Baik itu dalam setiap aspek tugas dan tanggung jawabnya selaku otorisator stabilitas moneter, sistem pembayaran, dan sistem keuangan. Selain itu juga merupakan sebuah langkah memperkaya pengetahuan. Sehingga kerja sama yang baik dalam dalam pelaksanaan LCC Kebanksentralan  antara KPw BI Provinsi NTB dengan pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota, kalangan kepala sekolah, guru, dan siswa harus terus dijaga dan ditingkatkan.

”Diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah,” harapnya. (nur/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka