Ketik disini

Ekonomi Bisnis

PPDRD dan Samsat Kejar Target

Bagikan

MATARAM-UPTD Kantor Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PPDRD) dan Samsat Mataram kejar target akhir tahun. Hingga saat ini, realisasi pajak daerah yang bersumber dari BBNKB mencapai Rp 82,6 miliar dari target Rp 88,2 miliar. Begitu juga dengan PKB yang sudah mencapai Rp 84,8 miliar dari target Rp 86 miliar.

Kepala PPDRD dan Samsat Mataram Eva Dewiyani mengatakan animo masyarakat untuk membayar pajak cukup tinggi di akhir tahun 2016. Karenanya dia optimistis dapat memenuhi target hingga penghujung tahun 2016.

“Kalau BBNKB memang menurun dalam tiga tahun terakhir lantaran kondisi ekonomi. Tapi kalau pembayaran PKB sangat mengagumkan,” ujar Eva kepada Lombok Post, kemarin (14/12).

Dikatakan, upaya Dinas Pendapatan NTB yang menggelar operasi gabungan selama ini mulai membuahkan hasil. Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan kebijakan gubernur menyangkut pemberian keringanan bagi mutasi kendaraan luar daerah.

Kebijakan itu pun berakhir pada hari ini (15/12). Eva berharap masyarakat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan mutasi. Eva menjelaskan, terdapat 364 unit kendaraan luar daerah yang sudah mutasi.

“Artinya, kami menerima Rp 603 juta untuk PKB,” ujarnya.

Tidak hanya kendaraan berplat  luar daerah, keringanan juga diberikan kepada masyarakat yang kendaraannya tidak terpakai atau rusak. Keringanan itu bervariasi sesuai usia kendaraan. Dia mencontohkan untuk kendaraan di atas lima tahun mendapat keringanan 50 persen.

Sementara kendaraan rusak yang usianya setahun mendapat keringanan 25 persen, dua tahun mendapat keringanan 30 persen, tiga tahun 35 persen, dan empat tahun mendapat keringanan 40 persen.

“Syaratnya ada keterangan dari bengkel resmi, menunjukkan BPKB dan STNK, dan lapor ke Dinas Perhubungan untuk ditindak lanjuti,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan merealisasikan e-Samsat dan ATM Samsat. Hanya saja, salah satu kendalanya adalah pengadaan alat untuk mesin ATM Samsat. Sebelumnya, pihaknya menerapkan program XL tunai untuk pembayaran PKB, tapi, dalam setahun hanya delapan orang yang menggunakan program itu.

Sejauh ini pihaknya sudah menerapkan Samsat keliling, Samsat Coorner di Mall Epicentrum, Samsat Weekend, dan Drive Thru untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Eva yakin kedepanya banyak terobosan dan inovasi untuk memudahkan pelayanan masyarakat dalam membayar pajak. (tan/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka