Ketik disini

Metropolis

Tahun Depan, Pembangunan Kampus Dimulai

Bagikan

MATARAM – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelontorkan dana Rp 150 miliar untuk membangun kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok. Rencananya, pembangunan kampus akan dilakukan tahun 2017 di lahan seluas 20 hektare di Desa Puyung, Lombok Tengah. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB Lalu Mohammad Faozal saat serah terima jabatan Direktur Poltekpar Lombok, kemarin (14/12).

Ia menjelaskan, dana tersebut dibagi dua, Rp 130 miliar untuk pembangunan fisik kampus, sementara Rp 20 miliar untuk operasionalnya. Saat ini Poltekpar Lombok masih meminjam gedung BKD sebagai tempat belajar mengajar.

Faozal menekankan, industri pariwisata NTB harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Untuk itu, keberadaan Poltekpar sangat penting untuk menyiapkan SDM pariwisata yang memadai ke depan. Terutama setelah kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika dan proyek strategis lain beroperasi.

Direktur Poltekpar Lombok Hamsu Hanapi mengaku akan berusaha membawa Poltekpar Lombok lebih maju. Pria yang sebelumnya bertugas di Makassar ini mengaku salut karena NTB konsen dalam pengembangan pariwisata halal. Untuk itu, ia juga akan berusaha menjadikan Perda Pariwisata Halal sebagai acuan lembaga pendidikannya ke depan.

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kemenpar HM Ahman Sya mengatakan, pengembangan pariwisata halal di NTB sangat menjanjikan. Ia berharap ke depan para mahasiswa dari daerah lain bisa belajar pengembangan pariwisata halal ke NTB. (ili/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka