Ketik disini

Bima - Dompu

Warga Kota Bima Masih Percaya Dukun

Bagikan

KOTA BIMA – Meski tinggal di daerah perkotaan, rupanya tidak membuat pola kehidupan warga berubah menjadi modern. Contohnya bisa dilihat dari pertolongan persalinan. Masih banyak warga Kota Bima yang menggunakan jasa dukun dibandingkan petugas kesehatan.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima H Azhari. Dia mengatakan, salah satu kesulitan yang dihadapi kebiasaan warga menggunakan jasa dukun. Tidak hanya saat prosesi kelahiran, masyarakat sudah menggunakan jasa dukun sejak mengetahui dirinya hamil.

Harusnya, kata Azhari, masyarakat perkotaan tidak lagi menggunakan jasa dukun. Apalagi yang berkaitan dengan kehamilan dan kelahiran. Tidak hanya nyawa ibu hamil yang dpertaruhkan, tapi juga nyawa bayi yang dilahirkan.

Menurut dia, kebiasaan masyarakat menggunakan jasa dukun, turut menjadi pemicu tingginya angka kematian ibu dan anak. Sehingga, di tahun 2017 nanti Dinas Kesehatan akan fokus mengubah perilaku masyarakat tersebut.

“Tinggal di perkotaan belum tentu kebiasaan dan perilakunya juga kota. Masih banyak yang percaya dukun,” katanya.

Dinas Kesehatan juga akan memperkuat sosialisasi, serta propaganda melalui media massa. Tahun 2017, Dinas Kesehatan akan maksimalkan komunikasi bersama masyarakat melalui media.

“Kami belajar banyak di tahun sebelumnya. Kami akan gandeng penuh media,” pungkasnya. (tin/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka