Ketik disini

Sumbawa

Mesin PLTD Gangguan, Sumbawa Gelap Gulita

Bagikan

SUMBAWA – Adanya pemadaman listrik yang terjadi sekitar pukul 02.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita kemarin dikeluhkan masyarakat. Masyarakat Sumbawa mempertanyakan penyebab pemadaman yang terjadi secara tiba-tiba itu.

Manager PT PLN Area Sumbawa Ahmad Syauki menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sumbawa. Dikatakan, pemadaman yang terjadi akibat adanya gangguan di PLTD Sumbawa. Ada kerusakan pada kabel yang menghubungkan antara dua mesin besar.

”Ada gangguan di PLTD, kabel yang menghubungkan dua mesin paling besar kami,” ujar Syauki kepada wartawan, kemarin(15/12).

Dikatakan, pemadaman tidak di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. Pemadaman hanya terjadi di wiayah Kota Sumbawa hingga ke wilayah Empang. Sementara untuk wilayah Alas hingga Taliwang tidak terjadi gangguan. PLN langung turun untuk melakukan perbaikan. Saat ini, mesinnya juga sudah beroperasi dengan normal kembali.

Syauki menerangkan, peralatan berupa terminating untuk menyambung kabel kedua mesin sudah dibawa dari Mataram. Setelah tiba di Sumbawa, alatnya langsung dipasang sehingga pemadaman tidak berlanjut.

Diterangkan, kapasitas mesin milik PLN saat ini mencapai 35 mega watt. Namun, beban puncak ini sekitar 36 mega watt. Dengan demikian, jika terjadi gangguan mesin, otomatis terjadi pemadaman. Namun, diharapkan dengan beroperasinya mesin di PLTD bisa mencukupi kebutuhan listrik di Sumbawa.

Dikatakan, PLN bertanggungjawab dan berkomitmen meningkatkan pelayanannya sebaik mungkin kepada masyarakat. Dia berharap masyarakat dan pemerintah membantu PLN dalam mendorong percepatan proyek PLN.

”Kalau jangka pendeknya kan yang di Boak. Kalau jangka panjangnya untuk memperkuat sistem Sumbawa ini adalah beroperasinya transmisi, GI dan PLTU,” pungkasnya. (run/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka