Ketik disini

Kriminal

Kapolda Janji Tuntaskan Tunggakan Perkara Korupsi

Bagikan

MATARAM – Polda NTB menyidik lima perkara dugaan korupsi tahun ini. Satu perkara sudah dilimpahkan kepada kejaksaan. Sementara, terkait empat perkara yang belum tuntas, polda berjanji akan menyelesaikan tahun depan.

“Terutama tunggakan kasus lama yang belum juga terselesaikan,’’ kata Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono Umar.

Ada beberapa perkara korupsi yang sedang disidik polda. Diantaranya, kasus pengadaan parsel di Lombok Timur, pengadaan alat peraga pendidikan berbasis IT di Lombok Utara, dan kasus K2 Dompu.

Sedangkan perkara yang masih dalam proses penyelidikan masih menumpuk. Antara lain, proyek Kali Unus Kota Mataram, pembangunan Kantor Dukcapil dan Dikes Kota Mataram, pembangunan gedung tempat evakuasi tsunami Lombok Utara, pengadaan alat pemipil jagung, bantuan sosial Dompu, dan kasus K2 Kabupaten Bima.

Sederet perkara tersebut, kata kapolda, akan diusahakan tuntas tahun depan. Namun, kapolda merinci kasus mana saja yang masuk dalam daftar prioritas. ’’Kami akan tuntaskan secara bertahap,’’ terang dia.

Kapolda mengakui penanganan kasus korupsi tidak sevulgar dulu. Ada kebijakan presiden mengharuskan polisi tidak mengekspose setiap perkembangan perkara korupsi. Kecuali, sambung dia, perkara yang sudah masuk tahap penyidikan atau telah dilimpahkan kepada kejaksaan.

’’Bukan tidak mau ungkap, tapi itu instruksi presiden,’’ kata dia.

Jika dulu, kata dia, kasus yang masih penyelidikan bisa disampaikan kepada media, namun sejak adanya instruksi maka penyidik tidak diperbolehkan lagi. Kendati demikian, jenderal bintang satu ini tetap meminta media maupun masyarakat agar tetap mengawasi setiap perkembangan kasus.

’’Kalau yang sudah penyidikan, silakan tanya saja,’’ tegas dia. (jlo/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka