Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Raup Untung dari Jasa Karikatur

Bagikan

MATARAM – Bisnis karikatur mulai berkembang di Mataram. Di sejumlah pusat perbelanjaan, pelaku bisnis ini menawarkan jasanya. Tidak hanya membuat karikatur wajah, mereka juga menawarkan jasa cetak foto.

Irfan, salah seorang pelaku bisnis ini mengaku mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari bisnis yang dijalankannya. Sudah tiga tahun ayah dua anak ini membuka gerai yang dinamakan BB Foto Canvas di lantai 3 Mataram Mall.

“Tapi kini saingan sudah banyak,” akunya kepada Lombok Post kemarin (25/12).

Dulu, sebelum muncul pusat perbelanjaan baru di Kota Mataram, Irfan berhasil meraup Rp 30 juta perbulan dari bisnisnya itu. Apalagi jika mendapat pesanan dari korporasi baik perusahaan maupun dari instansi pemerintah.

“Pelanggan tetap saya ada, tapi kebanyakan yang pesan karikatur dari orang yang akan menikah,” kata Irfan.

Warga Banyumulek itu menetapkan harga mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 800 ribu tergantung ukuran dan frame figura yang digunakan. Untuk pesanan karikatur, dia mematok harga Rp 75 ribu perwajah. Ukuran paling besar 1,5 X 80 cm.

Tidak sekadar mengandalkan konsumen di Mataram dan Lombok Barat, Irfan membidik pasar Pulau Sumbawa. Dia juga menjual jasanya via online. Berbekal alat print foto, dia berhasil memberikan produk berkualitas sesuai pesanan.

“Dalam sehari saya bisa menghasilkan dua wajah untuk karikatur. Bisa juga enam wajah tergantung pesanannya,” papar dia.

Tahun ini Irfan mengaku meraup keuntungan kisaran Rp 7 juta perbulannya. Baginya, keuntungan itu jauh cukup lumayan. Sebelumnya dia bekerja sebagai tekhnisi printer. Belakangan, dia belajar secara otodidak baik karikatur maupun cetak foto. Irfan memutuskan terjun ke dunia bisnis dengan keterampilan yang dimiliki.

Dia optimistis pada 2017 bisnis karikatur dan cetak foto ini semakin diminati masyarakat. Terlebih, dia tidak mempunyai pesaing dalam bisnis jasa tergolong langka itu. “Setiap Lebaran saya kebanjiran pesanan. Itu momentum yang sangat penting bagi bisnis saya,” tegas dia. (tan/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka