Ketik disini

Bima - Dompu

BNPB Acungkan Jempol untuk Pemkot Bima

Bagikan

KOTA BIMA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei mengacungkan jempol pada pemerintah Kota Bima. Dia menilai  pemerintah Kota Bima berhasil meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir.

“Jajaran pemerintah Kota Bima sudah melakukan sesuatu yang sangat luar biasa,” ujarnya pada Radar Tambora (Lombok Post Group), kemarin(26/12).

Dijelaskannya, langkah yang diambil pemerintah Kota Bima sudah benar. Yaitu membentuk tim siaga bencana kota (TSBK). Tim ini membantu melakukan evakuasi warga.

Kemudian warga langsung menyelamatkan diri ke titik-titik aman. Baru dilanjutkan dengan pembentukan posko induk dan melakukan koordinasi dengan semua pihak.

“Pemerintah membentuk posko-posko di kelurahan sehingga warga bisa berkumpul di posko tersebut,” katanya.Di posko tempat warga kumpul itu didroping logistik. Tapi memang lagistik yang diantarkan belum maksimal.

Tapi, kata dia, sistem pendistribusian ini terus diperbaiki. Sehingga ke depan pembagian logistik akan semakin baik dan terarah.

“Wajar saja kalau belum bisa menyeluruh, karena semuanya terbatas. Tapi kami akan terus perbaiki kekurangan ini,” tegas mantan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dan Kalimantan Timur ini.

Selain itu, pemerintah Kota  Bima terus berupaya memberikan pelayanan umum pada warga. Seperti membuka layanan kesehatan, dapur umum dan lain sebagainya.

Walau memang lanjutnya, pelayanan tersebut dalam kondisi terbatas serta darurat. Tapi hal tersebut sangat wajar menginat seluruh fasilitas umum saat ini rusak semua.

“Untuk terus memberikan layanan pada warga, berbagai bantuan fasilitas medis, tenaga medis, para medis dan pasukan TNI didatangkan ke Kota Bima,” katanya.

Kepala BPBD Kota Bima H Sarafuddin mengatakan, siap terus membuka pelayanan publik. Itu sesuai arahan Willem saat rapat koordinasi di ruang kerja wali kota, Minggu (25/12) lalu.

“Kami akan terus membuka palayanan dan siap melayani warga selam status darurat bencana belum dicabut,” akunya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima H Azhari mengatakan, pasca bajir menerjang kota pelayanan terus dilakukan. Terutama dalam pelayanan kesehatan.

“Berbagi bantuan datang untuk memperkuat kami dalam memberikan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (nk/r 4)

 

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka