Ketik disini

Sumbawa

Dokumen Pilkada 2015 Diabadikan di Arpusda

Bagikan

SUMBAWA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa menyerahkan dokumen hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2015 ke Arsip dan Perpustakaan Daerah. Penyerahan dokumen ini agar dokumen-dokumen ini aman dan bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi pelajar mahasiswa dan masyarakat umum.

”Kami menyerahkan penyimpanan arsip-arsip ini kepada Arpusda sebagai lembaga resmi yang menanangani masalah kearsipan. Dengan harapan dokumen dokumen ini akan menjadi bukti sejarah dari perjalanan Kabupaten Sumbawa dalam mencari pemimpin di tahun 2015,” kata Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Syukri Rahmat saat penyerahan di kantor KPU Sumbawa kemarin.

Selain itu, Syukri yang didampingi oleh tiga Komisioner lainnya Sudirman, Nurkholis, Aryati dan Sekretaris KPU Sumbawa Lahmudin. KPU juga menerbitkan buku berjudul “Mengantar Pemimpin Baru”.

Buku ini menceritakan tentang segala kegiatan KPU Sumbawa bersama partai politik dan pasangan calon saat Pilkada 2015. Buku ini juga ikut diserahkan ke Arpusda sebagi tambahan koleksi di Arpusda. Ada juga buku berjudul Lensa Pemilu yang ikut diserahkan.

Kegiatan-kegiatan lain selama tahun 2016 yang tidak kalah penting adalah Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Dalam hal ini, KPU Kabupaten Sumbawa berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa. KPU juga melaksanakan salah satu tahapan proses PAW, dan sosialisasi-sosialisasi kepada sejumlah elemen masayrakat. Mulai dari Kelompok tani, komunitas-komunitas dan para pelajar SMA. Bahkan KPU Sumbawa menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa agar pendidikan pemilu dan demokrasi dimasukkan dalam mata pelajaran PKN.

Terobosan yang spektakuler dari KPU Sumbawa adalah melakukan pendampingan pada Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) di sejumlah SMA sederajat. Tahapan Pemilos ini dilaksanakan seperti Pilkada sesungguhnya.

”Ini mendidik para pelajar agar menjadi pemilih cerdas. Dengan Pemilos, mereka diharapkan bisa benar-benar memahami tentang pemilu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Arpusda H Sahril mengapresiasi KPU Sumbawa. Menurutnya, KPU Sumbawa telah melakukan transformasi fungsi. Jika selama ini masyarakat menilai KPU adalah lembaga tempat orang-orang yang mengurus pemilihan kepala daerah dan pemilihan legislatif, tetapi sekarang KPU Sumbawa bertransformasi menjadi seperti perpustakaan.

”Ini (gambar-gambar tembok KPU Sumbawa) salah satu bentuk literasi. Bahkan seharusnya sekolah-sekolah yang melakukan program literasi tapi KPU Sumbawa sudah melakukannya,” katanya. (Jar/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka