Ketik disini

Headline Selong

Pengeruk Labuhan Haji Bakal Didenda

Bagikan

SELONG – Tahun anggaran 2016 telah habis. Namun, proses pengerukan pasir kolam labuh Pelabuhan Labuhan Haji hingga saat ini belum mulai dilakukan. Padahal, Pemkab Lombok Timur (Lotim) telah menyerahkan uang muka sebesar 20 persen.

A�”Anggaran untuk pengerukan ini Rp 38 miliar. Uang jaminan 20 persen sudah dikasih karena itu kan haknya mereka untuk asuransi dan yang lainnya. Itu kami lakukan sesuai mekanisme,” kata Nugroho pegawai Dinas PU Bidang Cipta Karya yang menjadi PPK proyek pengerukan Labuhan Haji.

Pihak kontraktor yang menangani proyek ini yakni PT Guna Karya Nusantara (GKN) asal Bandung dikatakan telah mengajukan perpanjangan waktu. Permohonan perpanjangan waktu tersebut belum diputuskan apakah akan diberikan atau tidak. Mengingat tidak ada faktor yang memperbolehkan dilakukannya perpanjangan waktu.

“Ini akan kami rapatkan dengan tim teknis dan pengawas dan tim pendamping. Apakah akan diberikan perpajangan waktu nanti kami bahas dalam rapat,” jelasnya.

Diungkapkannya, selama ini Pemkab Lotim telah melalui proses tahapan pengerukan beradasarkan aturan. Mengacu pada Perpres yang mengatur pelaksanaan proyek.

A�”Kalaupun pekerjaan ini nanti dilanjutkan, ya karena keterlambatan ini harus menjadi tanggung jawabnya. Ya mereka kena denda sesuai aturan,” terang Nugroho.

“Tolong korek ke dia (PT GKN) kenapa bisa terlambat. Karena kami belum sejauh ini menanyakan alasan detailnya keterlambatan ini,” sambungnya.

Sejumlah pihak telah merespon molornya proses pengerukan Labuhan Haji. Misalnya Ketua DPRD Lotim H Khairul Rizal. Politisi Partai Demokrat ini telah meminta eksekutif menindak tegas kontraktor yang tidak bisa melaksanakan tugasnya tepat waktu. “Ya diputus saja kontraknya. Karena ini terbukti kontraktornya tidak kompeten,” pintanya.

Pengerukan kolam labuh Pelabuhan Labuhan Haji ini rencananya dilakukan agar kapal pengangkut muatan dengan tonase besar bisa bersandar. Karena, kedalaman kolam saat ini baru mencapai empat meter dari permukaan air laut. Pengerukan dilakukanagar kolam labuh bisa memiliki kedalaman hingga tujuh meter. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka