Ketik disini

Sumbawa

Tiga Kasus Dituntaskan Maret

Bagikan

SUMBAWA – Penyelesaian kasus dugaan tindak pidana korupsi oleh Kejaksaan Negeri Sumbawa terus berproses. Kejaksaan menargetkan tiga kasus korupsi dituntaskan pada Maret mendatang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa Paryono mengatakan, untuk perkara tindak pidana khusus, masih ada tiga kasus yang harus diselesaikan. Yakni kasus rumah adat KSB dengan tersangka TM yang bertindak selaku rekanan. Kemudian kasus kapal perintis dengan tersangka Sw. Terakhir kasus uang persediaan (UP) Dikbudpora KSB, dengan tersangka EW.

”Dalam waktu tiga bulan harus selesai penyidikan. Maret bisa langsung penuntutan,” ujar Paryono.

Untuk tiga kasus ini, progresnya berbeda-beda. Untuk kasus UP Dikbudpora KSB, prosesnya tinggal pemberkasan. Untuk kasus rumah adat KSB dengan tersangka TM juga tinggal pemberkasan. Sementara untuk kasus kapal perintis dengan tersangka Sw, pihaknya masih dalam penyidikan. Sebab, penetapan status tersangkanya juga baru dilakukan bulan lalu. Karena itu, pihak kejaksaan akan kembali melakukan pemanggilan saksi. Meski demikian, akhir Maret mendatang ketiga kasus tersebut harus sudah ke tahap penuntutan.

Untuk penindakan guna pemberantasan tindak pidana korupsi tetap berjalan. Kejaksaan juga selalu melakukan pengawasan. Apalagi banyak proyek-proyek yang akan selesai. Jika memang ada indikasi korupsi di dalamnya, maka 2017 nanti pihak kejaksaan akan bergerak. Namun, dia berharap agar tidak ada tindak pidana korupsi dalam pelaksanaannya.

Selain itu, TP4D juga tetap dikedepankan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Dimana dari awal kejaksaan akan melakukan pendampingan melalui TP4D. Terutama dalam melakukan pengawasan terhadap kepala desa. Mengingat, masing-masing desa akan mendapatkan kucuran dana yang cukup besar dari pemerintah pusat. (run/r4)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka