Ketik disini

Headline Sumbawa

Hari Ini, Mutasi Besar-Besaran di KSB

Bagikan

TALIWANG — Gerbong mutasi kedua pemerintahan H Musyafirin – Fud Syaifuddin dipastikan akan kembali bergerak. Sesuai undangan yang beredar, mutasi tersebut akan dilakukan Selasa (hari ini,red). Tidak tanggung-tanggung, sekitar 600 pejabat akan digeser.

Selain mutasi, salah satu kegiatan seremonial terbesar Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini juga akan dirangkaikan dengan pengukuhan ulang sejumlah pejabat, menyesuaikan dengan nomenklatur baru organisasi perangkat daerah (OPD). Mutasi terbesar yang pernah dilakukan pemerintah ini memang sudah lama ditunggu. Mutasi ini jadi ajang promosi bagi sejumlah pejabat, terutama dari eselon III/b ke eselon III/a. Mutasi hari ini juga akan menjadi jawaban atas apa yang selama ini disampaikan bupati dan wakil bupati. Pejabat yang kinerja dianggap tidak memuaskan selama 10 bulan terakhir, apakah tetap masih dipertahankan atau sebaliknya non job.

Rencananya, mutasi ini akan dilakukan dua tahap, pagi dan siang hari. Ini dilakukan menyusul banyaknya pejabat yang dimutasi maupun dikukuhkan ulang. Mutasi ini akan digelar di lantai III gedung Setda Sumbawa Barat.

‘’Nanti mutasinya kita laksanakan di lantai III gedung Setda KSB. Untuk waktu sudah final, kita laksanakan 3 Januari 2017 (hari ini,red),’’ kata Bupati  Sumbawa Barat H Musyafirin pekan lalu.

Diakuinya, dalam mutasi kali ini, pemerintah akan melakukan pergeseran sekitar 600 lebih pejabat Pemda KSB. Selain pergeseran, dalam mutasi ini pemerintah juga akan mengukuhkan pejabat lama karena menyesuaikan dengan aturan yang baru.

‘’ Yang jelas tidak ada pejabat yang promosi ke eselon II/b. Karena untuk promosi, pejabat eselon III harus mengikuti seleksi terbuka,’’ jelasnya.

Sejumlah posisi yang mendapat perhatian serius bupati adalah Kepala Dinas Pariwisata. Saat penutupan Festival Taliwang beberapa waktu lalu, bupati sempat dibuat meradang. Saat itu juga, bupati menyatakan posisi tersebut dilelang secara terbuka.

‘’Posisi kepala Dinas Pariwisata saya lelang saat ini juga. Yang berminat silakan melamar,’’ tegas bupati saat itu.

Bupati mengaku, kepala dinas saat ini sudah terlalu lama di posisi tersebut. Karenanya, bupati mengaku perlu adanya penyegaran.

 ‘’Mungkin karena sudah terlalu lelah, makanya harus kita ganti. Bukan hanya kadisnya, tapi semua perangkat yang ada di bawahnya,’’ katanya.

Terhadap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang baru dibentuk, pemerintah memastikan posisi tersebut nantinya akan diisi pelaksana tugas (Plt). Seperti diketahui, terdapat tujuh posisi eselon II/b baru di Pemda KSB. Posisi itu antara lain, Asisten III Setda KSB, Dinas Pendapatan dan Aset, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah, Dinas Arpusda, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana.

‘’ Itu dilakukan karena kita masih kekurangan pejabat eselon II/b. Sementara bagi eselon III yang akan naik ke eselon II, mereka terlebih dahulu harus melalui seleksi terbuka,’’ tambah Sekretaris Daerah (Sekda) KSB Abdul Azis.

Untuk nama-nama pejabat sendiri, diakuinya saat ini sudah selesai di godok Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Bapperjakat). ‘’Kita tinggal tunggu waktunya saja,’’ katanya. (far/r4)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka