Ketik disini

Giri Menang Headline

Wajah Lama Masih Berkuasa

Bagikan

GIRI MENANG – Gong mutasi di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat resmi ditabuh. Kemarin (3/1) bertempat di Aula Utama Kantor Bupati, ratusan pejabat eselon II, III, dan IV dimutasi.

Nyaris, tak ada kejutan dalam mutasi kali ini. Sebab, rata-rata jabatan eselon II masih dihuni oleh wajah lama. Pun demikian tak ada pejabat yang dinonjobkan.

Mutasi kali ini lebih tepat disebut pergeseran posisi. Dimana sejumlah pejabat menempati dinas baru. Perombakan total hanya terlihat pada struktur tiga staff ahli bupati.

Yaitu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikebunan Ir Chairul Bahtiar menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ir Sakri menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dan drh Nyoman Sembah jabatan lama Staf Ahli Bupati Bidang Hukum menjadi Staf Ahli Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan.

Pergeseran posisi juga terjadi di sejumlah SKPD baru. Yakni, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika H Ahmad Saikhu menempati dinas baru Kepala Dinas Perhubungan. Selanjutnya, Kepala Dikbud Lobar H Ilham menempati Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, lalu ada Kepala PPKD Lobar Hj Lale Prayatni digeser menempati dinas baru Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Kemudian yang terakhir, Kepala Dinas Tata Kota Pertamanan dan Kebersihan HL Winengan menempati dinas baru Kepala Badan Perumahan dan Pemukiman. Sementara Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Ramdan Hariyanto menempati dinas baru Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sementara pergeseran posisi di dinas lama, Kepala Dinas Kehutanan Dr Agus Gunawan digeser menjadi Kepala Disperindag, lalu ada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs Mahyudin menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM.

Selanjutnya Kepala BLH L Edy Sadikin digeser menjadi Kepala BPMPD. Kemudian Kepala BPMPD HL Surapati menempati posisi baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Dan Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Joko Wiratno digeser menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Sementara pejabat yang tidak disebutkan diatas, masih menghuni jabatan lama.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid mengatakan, mutasi kali ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016, Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangat Daerah (OPD) serta Perda Kabupaten Lobar Nomor 10 thaun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Lobar.

Rotasi dan mutasi, menurut bupati merupakan hal biasa untuk penyegaran organisasi perangkat daerah. Karena itu, ia meminta agar pejabat baru bisa segera menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

“Melakukan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pejabat sebelumnya,a�? tegasnya.

Jika ada pihak yang tidak terima dengan hasil mutasi ini, bupati meminta menerima dengan lapang dada. Ia menegaskan bahwa mutasi kali murni berdasarkan hasil assesment. Sehingga personel yang dikukuhkan, benar-benar berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

“Kita tidak mungkin memuaskan semua orang. Saya berharap selepas pelantikan ini, rasa tidak puas dilupakan,a�? pesannya.

Dari 820 lebih pejabat yang dirotasi dan mutasi kemarin, 28 diantaranya merupakan pejabat eselon II, 180 eselon III, dan 612 merupakan pejabat eselon IV.

Mutasi kemarin dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama digelar pukul 11.00 Wita untuk gelombang pejabat eselon II dan III. Sedangkan pejabat eselon IV dikukuhkan pukul 13.00 Wita.

Penyegaran pejabat ini diharapkan dapat membawa Pemkab Lobar ke arah lebih baik. Dengan semangat baru tahun 2017, Bupati mengajak semua yang hadir berbuat yang lebih baik lagi bagi Lobar. (zen/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka