Ketik disini

Catatan Redaksi Pendidikan

SDN 1 Batu Kumbung Lingsar Punya Ekskul Gendang Beleq

Bagikan

GIRI MENANG  – SDN 1 Batu Kumbung Lingsar Lombok Barat (Lobar) menerapkan ekstrakurikuler (ekskul) Gendang Beleq. Tujuannya, guna meningkatkan animo masyarakat menyekolahkan anaknya. “Kita jadikan kesenian tradisional ini menjadi ekskul di sekolah,” kata Kepala SDN 1 Batu Kumbung Mursidin beberapa waktu lalu.

Sekadar diketahui, pada awalnya Gendang Beleq hanyalah alat musik yang mengiringi para prajurit saat akan berjuang di medan perang. Hal ini dipercaya dapat membuat para prajurit menjadi lebih berani untuk berkorban membela kerajaannya.

Namun seiring berjalannya waktu Gendang Beleq digunakan sebagai salah satu budaya yang bisa dijadikan sebagai media hiburan yang dipertunjukkan pada saat acara kebudayaan atau acara pernikahan adat.

Ia mengatakan, dijadikan Gendang Beleq menjadi ekskul untuk memancing para orangtua untuk bisa menyekolahkan anaknya di sini. Masyarakat sekitar lingkungan sekolah tergolong masyarakat yang masih kental menjaga tradisi dan budaya. Untuk itu, musik tradisional ini dipastikan akan mempengaruhi jumlah murid yang akan masuk nantinya. “Mudahan nantinya ekskul ini membuat para orangtua bisa mempercayakan anaknya ke sini,” sebut dia.

Ia menuturkan, apa yang dilakukan ini bukan hanya dari keinginannya sendiri, tapi ide ini datang dari komite sekolah. Dengan berbagai pertimbangan maka ia mengiyakan apa yang menjadi permintaan komite. “Selain melestarikan budaya, Gendang Beleq ini juga akan memacu para orangtua untuk memasukkan  anaknya,” ucap dia. “Mudahan jumlah murid pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bisa bertambah,” imbuh dia. (jay)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka