Ketik disini

Pendidikan

Dikbud NTB Bentuk Delapan UPTD

Bagikan

MATARAM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB membentuk delapan Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) layanan pendidikan menengah dan layanan khusus. Hampir di semua kabupaten/kota UPTD dibangun untuk memberikan pelayanan kepada guru dan pegawai jenjang SMA/SMK. “UPTD Kabupaten Bima dan Kota Bima kita gabung.

Begitu juga Kota Mataram dengan Lombok Barat UPTDnya kita gabung,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H Muhammad Suruji, Rabu (5/1).

Ia mengatakan, awal tahun ini  UPTD masing-masing kabupaten/kota ini sudah bekerja. Sebab, sudah ada kepalanya masing-masing yang dilantik pada beberapa waktu lalu. Semua kebutuhan guru, pegawai, bahkan siswa dilayani UPTD.

Ia ingin sekolah bisa melakukan kordinasi dengan UPTD terkait apa yang ada di sekolah. Sebab, bagaimanapun UPTD ini menjadi induk sekolah. “Mulai dari sertifikasi guru, kurikulum, peningkatan mutu,  dan sebagainya bisa dikordinasikan dengan UPTD,” ucap mantan Kepala BKD NTB ini.

Untuk Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat sendiri kata Suruji, kantor UPTD untuk sementara ada di Dikbud NTB sebelum jadi kantor yang akan didirikan di Kediri Lombok Barat (Lobar). Sementara di kabupaten/kota lainnya akan didirikan juga di masing-masing daerahnya. “Kalau di Praya mungkin sudah ada. Akan menggunakan gedung lama miliknya provinsi,” sebut dia.

Ia mengatakan, pembangunan kantor UPTD akan dimulai Maret. Karena sudah ada anggaran. Sehingga setelah lebaran nantinya bisa dimanfaatkan para pengawas sebagai tempat mereka melaksanakan tugas.

Lebih jauh dijelaskan, jenjang SMA/SMK ini nantinya akan menambah mata pelajaran untuk menguatkan karakter siswa. Rencananya, akan menyisipkan pelajaran kesenian daerah. Kesenian tradisional daerah ini akan menjadi mata pelajaran. Seperti gendang beleq, drumband, dan sebagainya. “Ini akan membuat siswa bergairah di sekolah,” sebut dia. (jay/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka