Ketik disini

Metropolis

Ayo Tanam Cabai

Bagikan

MATARAM –  Kelurahan Taman Sari mulai menggalakkan  pemanfaatan lahan pekarangan. Apalagi mengingat harga sejumlah komoditas sayur mayur meningkat tajam. Khususnya cabai.

“Pemanfaatan pekarangan tersebut diharapkan dapat membantu warga, terutama ibu rumah tangga,” tutur Arief Satriawan, Lurah Taman Sari.

Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya mulai mengupayakan pemanfaatan pekarangan rumah. Pekarangan warga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menanam cabai, terung, sawi, kangkung air, dan sayur-mayur lain. Tanaman ini dapat ditanam dalam media tanam berupa polybag atau pot plastik yang disusun bertingkat di halaman rumah. “Warga juga bisa menanam berbagai tanaman obat seperti jahe dan kunyit,” tambahnya.

Menurut Arief, warga mulai memanfaatkan pekarangan rumah sejak awal tahun ini. Ia mengatakan, jumlah tanaman di halaman rumahnya memang tidak terlalu banyak. Namun, hasil tanaman pekarangan itu cukup membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Warga bisa lebih berhemat,” katanya.

Sejumlah warga bahkan dapat menambah penghasilan dari tanaman pekarangan ini. Mereka menjual hasil tanaman ke pasar atau warung terdekat.

Ia melanjutkan, untuk mendukung program tersebut, pihak kelurahan bekerja sama dengan kelompok usaha tani. Terutama dalam pengadaan bibit tanam untuk pekarangan.

“Bibit tersebut dapat dikembangkan warga dan sesuai untuk ditanam di pekarangan,” aku Arief.

Sementara untuk media tanam, pihak kelurahan mengajak warga memanfaatkan barang bekas. Seperti botol bekas yang digunakan sebagai pot. “Jadi menanam tidak harus selalu di tanah datar,” sambungnya.

Ia menambahkan, cara ini terbilang mudah diterapkan. Berbeda dengan tanaman yang ditanam langsung di tanah datar. Semua harus terus disirami dan dipupuk. “Saat ini masih kita ujicoba di Lingkungan Gatep Indah,”tandasnya. (fer/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka