Ketik disini

Metropolis

Banjir Itu Sumbernya di Sini!

Bagikan

MATARAM – Belajar dari kasus banjir beberapa waktu lalu, Kelurahan Babakan makin berbenah. Terutama memperbaiki kondisi Sungai Unus yang mengalir melewati kelurahan tersebut.

Abdul Rauf, Lurah Babakan menuturkan, Sungai Unus masih memerlukan perhatian lebih. Pasalnya, banjir yang terjadi lebih banyak disebabkan rusaknya kondisi sungai tersebut.

“Hal ini yang mestinya mendapat perhatian,” ujarnya, kemarin (13/1).

Sebenarnya Sungai Unus telah beberapa kali dinormalisasi. Terakhir, BPBD Pusat telah memperbaiki talud sungai tersebut. Namun ini ternyata belum juga mampu menanggulangi banjir. Debit air yang tinggi justru menenggelamkan talud tersebut.

“Sudah diperbaiki, namun debit airnya tinggi sehingga tenggelam,” akunya.

Dijelaskan, banjir tak lepas dari kondisi sungai yang rusak. Sungai Unus misalnya sudah mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Kondisi sedimentasi semakin parah karenanya perlu segera dinormalisasi.

Karena itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Dinas PU Kota Mataram. Rencananya Sungai Unus akan dinormalisasi pada tahun ini. Hanya saja, Rauf belum bisa memastikan kapan hal tersebut terlaksana.

“Kita masih menunggu program dari Dinas PU,” ujarnya.

Ia berharap normalisasi sungai segera dilaksanakan. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Sepanjang tahun, saat musim hujan warga selalu khawatir air sungai meluap tiba-tiba. Untungnya, meski kera dilanda banjir, tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun warga mengalami kerugian materi yang tidak sedikit.

Ia melanjutkan, permasalahan banjir juga disebabkan kondisi jalan yang rendah. Hal ini turut menjadi perhatian pihak kelurahan. Struktur yang rendah membuat jalan sangat mudah tergenang saat hujan.

“Ini juga yang akan kita benahi di tahun ini,” sambungnya. (fer/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka